HUT DKI JAKARTA KE-494

Mencicipi 5 Kuliner Legendaris di Jakarta Selatan

tim, CNN Indonesia | Selasa, 22/06/2021 19:27 WIB
Selain dipenuhi dengan gegap gempita kehidupan ibu kota, Jakarta Selatan juga menyimpan segudang cita rasa dari kuliner-kuliner bersejarah. Selain dipenuhi dengan gegap gempita kehidupan ibu kota, Jakarta Selatan juga menyimpan segudang cita rasa dari kuliner-kuliner bersejarah. (CNN Indonesia/Gloria Safira Taylor)
Jakarta, CNN Indonesia --

Pada HUT DKI Jakarta ke-494, tak lengkap rasanya jika tidak membicarakan kuliner khasnya. Selain dipenuhi dengan gegap gempita kehidupan ibu kota, Jakarta juga menyimpan segudang cita rasa dari kuliner-kuliner bersejarah.

Bersamaan dengan hari ulang tahun Jakarta, CNNIndonesia.com coba mengajak pembaca untuk menelusuri ibu kota lewat napak tilas kuliner legendaris di Jakarta Selatan.

Berikut lima kuliner legendaris di Jakarta Selatan.


1. Sate Sambas Udin Kelana (1960-an)

Sate Sambas, kuliner terkenal yang juga ramai dikunjungi oleh masyarakat.Sate Sambas, kuliner terkenal di Jakarta Selatan sejak 1960-an. (CNN Indonesia/Gloria Safira Taylor)

Panganan malam di Jalan Sambas, Jakarta Selatan, merupakan salah satu kawasan kuliner favorit turun temurun. Dari sekian banyak pedagang yang ada di Jalan Sambas, gerobak Sate Udin Kelana adalah salah satu penganan ikonik yang sudah ada sejak 1960-an.

Sate Sambas Udin Kelana dikenal dengan potongan daging ayamnya yang besar dan empuk, ditambah dengan siraman bumbu kacang kental, irisan cabai serta bawang merah yang berpadu harmonis sehingga membuat para pelanggan setianya tak mau berpindah hati.

Sate Udin Kelana juga menyediakan menu unik, yaitu telur ayam muda yang dibakar bersama daging dan kulit ayam yang renyah.

2. Gultik Blok M (1997)

Gule Tikungan atau lazim disebut Gultik pada Kamis (8/11).Gule Tikungan atau Gultik kuliner legendari di Blok M, Jakarta Selatan. (CNN Indonesia/Bintoro Agung Sugiharto)

Gule Tikungan atau lebih dikenal dengan Gultik menjadi makanan wajib ketika nongkrong di kawasan Blok M, Jakarta Selatan.

Gultik diketahui sudah hadir di kawasan ini sejak 1997 dengan penjaja yang mangkal di trotoar sekitar persimpangan Jalan Mahakam dan Jalan Bulungan.

Dari para penjaja Gultik inilah sebagian reputasi Blok M sebagai sentra kuliner dan hiburan favorit warga dari beragam kelas ekonomi terbentuk.

Semangkuk Gultik sendiri pada umumnya terdiri dari nasi dalam porsi kecil yang disiram kuah santan berisi daging dan atau jeroan sapi yang dipadu dengan irisan tomat, cabai rawit, dan ragam bumbunya lainnya.

Tak lupa, kerupuk putih tipis ukuran kecil menjadi pendampingnya.

Simak kuliner legendaris khas Jakarta Selatan lainnya di halaman berikut.

Bubur Barito hingga Sate RSPP

BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
1 2
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK