Benarkah Sarapan Pisang Baik untuk Kesehatan?

CNN Indonesia
Rabu, 30 Jun 2021 07:40 WIB
Banyak orang mengonsumsi pisang saat sarapan. Benarkah kebiasaan tersebut membawa manfaat kesehatan? Ilustrasi. Banyak orang mengonsumsi pisang saat sarapan. (Pexels/Juan Salamanca))
Jakarta, CNN Indonesia --

Buah pisang terkenal kaya akan manfaat, bahkan disebut membantu menurunkan berat badan. Banyak orang juga mengonsumsi pisang saat sarapan.

Tapi, apakah makan pisang saat sarapan baik untuk kesehatan?

Tidak sulit menjumpai buah pisang di Indonesia. Harganya yang terjangkau di saku kadang jadi alasan banyak orang membeli pisang. Bahkan di Indonesia, pisang juga sering disajikan sebagai kudapan utama jika ada tamu berkunjung ke rumah.

Selain karena harganya yang murah, pisang jadi favorit banyak orang karena rasanya yang manis. Selain itu, pisang juga kaya akan gizi.

Mengutip Healthline, pisang mengandung potasium, serat, vitamin B6, dan C yang baik untuk menjaga daya tahan tubuh. Satu buah pisang mengandung rata-rata 3 gram serat yang bisa membantu menjaga perut tetap kenyang.

Pisang juga mengandung kalium yang membantu keseimbangan cairan dan kontraksi otot. Kalium juga berfungsi menurunkan tekanan darah.

Bagi Anda yang peduli dengan kesehatan kulit, mungkin sudah saatnya melirik buah satu ini. Pasalnya, pisang juga baik untuk kesehatan kulit karena mengandung mangan. Menurut ahli nutrisi, Lisa Richard, makan satu buah pisang berukuran sedang cukup untuk kebutuhan mangan harian.

"Mangan sangat penting untuk membuat kolagen yang menciptakan penampilan awet muda dan melindungi diri dari kerusakan akibat radikal bebas," kata Richard, seperti dikutip Eat This, Not That.

Melihat kandungan pisang yang kaya akan manfaat, rasanya tidak ada salahnya memilih pisang sebagai menu sarapan.

Sarapan dengan pisang juga hemat waktu dan tidak menguras banyak tenaga di pagi hari. Cukup potek satu buah pisang, kupas, lalu makan.

Manfaat pisang untuk sarapan juga bisa memberikan energi secara 'kilat' untuk menjalani hari. Belum lagi, kalau melihat manfaat serat dalam pisang yang membantu perut kenyang lebih lama.

Ilustrasi Makanan SehatIlustrasi. Untuk sarapan, pisang dapat dipadukan dengan berbagai makanan sehat lainnya. (Unsplash/Pixabay)

Sehingga sarapan dengan pisang, selain menyehatkan, juga bisa memberikan energi untuk memulai hari.

Namun, menu sarapan Anda sebaiknya tidak hanya pisang. Memadukan makanan sehat yang berserat tinggi dengan makanan yang mengandung protein akan lebih baik.

Misalnya, memadukan pisang dengan selai kacang yang mengandung serat dan protein. Anda juga bisa menambahkan campuran pisang dalam oatmeal sehingga sarapan lebih bergizi.

Perlu diingat, pisang juga mengandung karbohidrat dan fruktosa (gula alami). Orang dengan diabetes diimbau lebih berhati-hati mengonsumsi pisang.

(mel/asr)


[Gambas:Video CNN]
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

TERPOPULER