Amalan-amalan Sunah Iduladha sesuai Anjuran Rasulullah

Tim | CNN Indonesia
Kamis, 15 Jul 2021 13:50 WIB
Untuk menyempurnakan Hari Raya Iduladha, ada sejumlah amalan sunnah Iduladha seperti yang dianjurkan Rasulullah. Untuk menyempurnakan Hari Raya Iduladha, ada sejumlah amalan sunnah Iduladha seperti yang dianjurkan Rasulullah. (Ilustrasi Foto: iStockphoto/ferlistockphoto)
Jakarta, CNN Indonesia --

Iduladha merupakan hari besar Islam yang diperingati satu tahun sekali dan dirayakan oleh seluruh umat muslim di berbagai penjuru dunia.

Di Indonesia, Iduladha memiliki istilah lain yaitu Lebaran haji karena momennya memang bersamaan dengan pelaksanaan ibadah haji.

Untuk menyempurnakannya, ada sejumlah amalan sunnah Iduladha yang dianjurkan Rasulullah, seperti dikutip dari NU Online:


1. Puasa Arafah

ilustrasi puasaMenjalankan puasa Arafah termasuk amalan sunnah Iduladha seperti yang dicontohkan Rasulullah (Foto: iStockphoto/FarAway)

Umat Islam dapat melaksanakan puasa Arafah pada sepuluh hari pertama bulan Dzulhijah untuk menyambut Iduladha.

Ketentuan tersebut seperti dalam sebuah hadis, 'Puasa Arafah bisa mengikis dosa setahun yang lalu serta sepuluh tahun yang akan datang' (HR Muslim).

2. Puasa Tarwiyah

Puasa lainnya yaitu tarwiyah yang dilaksanakan pada pada sepuluh hari pertama bulan Dzulhijah untuk menyambut Iduladha.

Puasa tarwiyah ini termasuk yang disukai Allah dan amalannya dapat menghapus dosa selama satu tahun.

3. Mengumandangkan Takbir

A realistic Arabian interior miniature with window and columns. Silhouette of muslim praying on carpet near window. Festive greeting card, invitation for Muslim holy month Ramadan Kareem. Selective focusMengumandangkan takbir termasuk amalan sunnah Iduladha (Foto: iStockphoto/Zeferli)

Amalan pertama yang bisa dilakukan yaitu mengumandangkan takbir di masjid atau rumah, mulai dari terbenamnya matahari, sampai imam naik mimbar untuk khutbah Iduladha.

Sebagian ulama serta ahli fiqih menganjurkan untuk salat Maghrib, Isya, sampai Subuh berjamaah.

4. Mandi sebelum Salat Id

Amalan sunnah Iduladha berikutnya yaitu wajib mandi sebelum melaksanakan salat Id untuk membersihkan tubuh dari hadas kecil dan hadas besar.

Sunnah mandi wajib ini berlaku untuk perempuan dan laki-laki, baik yang akan salat Id atau perempuan dengan udzur syar'i atau berhalangan.

5. Memakai Wewangian

Ilustrasi ParfumMemakai wewangian dan membersihkan diri termasuk amalan sunnah Iduladha (Foto: spooky_kid/Pixabay)

Memakai wewangian, memotong kuku, memotong rambut untuk menghilangkan aroma tidak sedap pada tubuh, termasuk kesunahan Iduladha.

Melakukan hal-hal tersebut bisa kapan saja, seperti saat hendak melaksanakan salat Jumat, mengutip kitab Al-Majmu' Syahrul Muhadzdzab.

6. Berpakaian Bersih dan Sopan

Dalam kitab Raudlatut Thalibin dijelaskan, khusus bagi laki-laki disunahkan memakai pakaian yang paling baik dan lebih utama warna putih.

Jika hanya memiliki satu pakaian, maka tidak mengapa boleh ia memakainya. Untuk perempuan, cukuplah ia memakai pakaian sebagaimana sehari-hari janganlah ia berlebihan.

7. Pergi ke Masjid

Foto matahari terbit yang tertutup kabut asap dengan latar depan kubah masjid di Padang, Sumatera Barat, Rabu (2/9). Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sumbar menyatakan kualitas udara masih dalam kategori sedang, tapi masyarakat tetap diminta waspada jika kepekatan kabut asap kiriman dari Riau,Sumsel, dan Jambi tersebut semakin meningkat. ANTARA FOTO/Iggoy el Fitra/aww/15.Melaksanakan salat Id di masjid termasuk amalan sunnah Iduladha (Foto: ANTARA FOTO/Iggoy el Fitra)

Sebagaimana sabda Nabi SAW riwayat dari Ibnu Umar, 'Rasulullah SAW berangkat untuk melaksanakan salat Id dengan berjalan kaki, begitupun ketika pulang dari tempat salat'.

Selain itu, sebisa mungkin datang lebih awal supaya mendapat saf barisan depan sambil mengumandangkan takbir.

Akan tetapi, mengingat saat ini masih dalam masa pandemi maka pelaksanaan peribadatan di tempat ibadah termasuk Iduladha ditiadakan sementara, khususnya di wilayah PPKM Darurat.

Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas menyebut pelaksanaan salat Iduladha hingga penyembelihan hewan kurban akan diatur dan dibatasi.

"Jadi, saat kebijakan diberlakukan kegiatan peribadatan di wilayah yang menerapkan PPKM Darurat, dilakukan di rumah masing-masing," kata Yaqut dalam keterangan dari laman resmi Kemenag.

8. Makan Setelah selesai Salat Id

Kalau Idulfitri mengharuskan untuk makan terlebih dulu sebelum salat, maka Iduladha sebaliknya yaitu harus berpuasa terlebih dulu.

Diriwayatkan dari Sahabat Buraidah RA, 'bahwa Nabi SAW tidak keluar pada Hari Raya Idulfitri sampai beliau makan, dan pada Hari Raya Iduladha hingga beliau kembali ke rumah'.

9. Melaksanakan Kurban

Suasana tempat pemotongan kurban di Dusun Cicentang Serpong, Kamis, 24 September 2015. CNN Indonesia/Natanael WahluyaMelaksanakan kurban termasuk amalan sunnah Iduladha (Foto: CNN Indonesia/Natanael Wahluya)

Kurban dilaksanakan pada hari tasyrik bulan Dzulhijah yaitu tepatnya di Hari Raya Iduladha. Sunnah Iduladha untuk berkurban ada dalam hadis Imam Bukhori dan Imam Muslim;

'Rasulullah beribadah kurban 2 ekor domba warna putih bersih dan bertanduk bagus. Aku melihat Rasul meletakkan kakinya ke atas sisi tanduk (kanan) hewan kurban itu sambil menyebut nama Allah dan bertakbir. Rasulullah menyembelih kedua hewan kurban itu dengan tangannya sendiri'.

(avd/fef)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA
TERPOPULER