7 Makanan yang Ampuh Tingkatkan Mood

tim | CNN Indonesia
Senin, 19 Jul 2021 06:00 WIB
Penting untuk menjaga mood salah satunya dengan makanan. Berikut sejumlah makanan yang dapat meningkatkan suasana hati atau mood. Penting untuk menjaga mood salah satunya dengan makanan. Berikut sejumlah makanan yang dapat meningkatkan suasana hati atau mood. (Stocksnap/Krzysztof Puszczynski)
Jakarta, CNN Indonesia --

Isolasi mandiri (isoman) tak jarang membuat stres karena segala sesuatunya serba terbatas. Padahal, stres jadi salah satu penyebab penurunan imun tubuh. Penting untuk menjaga mood salah satunya dengan makanan.

Akan tetapi apa makanan tertentu benar-benar bisa menaikkan atau menjaga mood?

Ahli gizi sekaligus penulis Elaine Magee menyebut perubahan pola makan membawa perubahan dalam struktur kimia juga fisiologi otak yang mana mengarah pada perubahan perilaku. Dalam tulisannya di WebMD, dia menjelaskan bahwa makanan bisa membantu menstabilkan suasana hati.


Berikut sejumlah makanan yang dapat meningkatkan suasana hati atau mood.

1. Ikan kembung

Ikan kembung, salmon, tuna, flax seed, kacang merah, kaya akan kandungan omega 3. Peneliti mencatat asam lemak omega 3 mampu menstabilkan suasana hati sehingga memainkan peran dalam kesejahteraan mental.

Dalam sebuah studi di Selandia Baru menemukan konsumsi ikan berkaitan dengan kesehatan mental lebih baik. Sementara itu, menurut Harvard Health Publishing, ahli gizi Uma Naidoo menyebut studi lain pada 2011 menemukan omega 3 membantu mengurangi kecemasan.

2. Telur

Asupan selenium rendah berkaitan dengan suasana hati lebih buruk. Anda memerlukan makanan kaya selenium termasuk telur untuk memastikan kecukupan asupan dan menjaga suasana hati.

Sebagaimana dilansir Healthline, kebutuhan selenium berbeda tergantung usia. Untuk usia dewasa (di atas 14 tahun) memerlukan 55 mikrogram selenium per hari. Untuk ibu hamil dan menyusui kebutuhannya mencapai 60 microgram per hari.

Konsumsi satu butir telur rebus mampu memberikan asupan 20 mikrogram selenium. Selain telur, selenium bisa diperoleh dari beras coklat, daging ayam, jamur, biji bunga matahari, oatmeal, bayam, juga produk susu termasuk yogurt dan keju.



3. Kefir

Selama ini yogurt selalu digadang-gadang sebagai sumber probiotik. Namun sebagai alternatif, kefir bisa dicoba. Probiotik akan membantu keseimbangan bakteri usus sehingga pencernaan sehat, imun terjadi juga mood yang lebih baik.

Simak makanan lain yang meningkatkan suasana hati dan mood.

Makanan yang Ampuh Tingkatkan Mood

BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
1 2
TOPIK TERKAIT
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA
TERPOPULER