5 Manfaat Bangun Lebih Pagi Bagi Tubuh

tim, CNN Indonesia | Kamis, 22/07/2021 05:06 WIB
Ada banyak manfaat bagi tubuh saat memutuskan bangun lebih pagi. Apa saja? Ada banyak manfaat bagi tubuh saat memutuskan bangun lebih pagi. Apa saja? (iStockphoto/PeopleImages)
Jakarta, CNN Indonesia --

Bekerja dari rumah (WFH) saat PPKM Darurat mungkin membuat sebagian orang punya lebih banyak waktu. Tak perlu mengejar kereta atau macet-macetan di jalan, sehingga bangun pun bisa lebih siang dari biasanya.

Jika Anda salah satunya, coba kurangi hal tersebut. Pasalnya, ada banyak manfaat saat memutuskan bangun lebih pagi.

Berikut lima manfaat bangun lebih pagi, sebagaimana dilansir Healthline.


1. Lebih banyak waktu untuk diri sendiri

Jika Anda tinggal bersama keluarga - anak kecil atau orang dewasa - bangun pagi dapat memberi Anda waktu yang sangat dibutuhkan (dan sangat diinginkan) untuk diri sendiri.

Lebih banyak waktu untuk menyesap kopi perlahan sambil mendengarkan lagu favorit atau hanya menikmati keheningan dapat membantu mempersiapkan Anda menghadapi hari yang sibuk dengan perasaan sedikit lebih santai.

2. Lebih banyak waktu untuk berolahraga

Jika Anda sering kesulitan menemukan waktu berolahraga, bangun pagi bisa jadi solusinya.

Melakukan olahraga sebagai aktivitas pertama setelah bangun tidur dapat menghindari godaan malas atau lelah usai dipadati aktivitas lain seharian.

Di samping itu, Anda bisa mendapat olahraga lebih awal. Di antaranya memicu lonjakan endorfin yang dapat meningkatkan suasana hati Anda, menurunkan stres dan kecemasan, serta meningkatkan tingkat energi.

3. Tidur lebih baik

Penelitian menunjukkan bahwa orang yang bangun lebih awal cenderung tidur lebih awal dan menikmati tidur yang lebih lama dan berkualitas.

Tidur yang cukup memiliki banyak manfaat:

- suasana hati yang membaik
- konsentrasi yang lebih baik
- kemungkinan lebih rendah dari obesitas dan penyakit kronis lainnya

Di sisi lain, kurang tidur yang berkualitas dapat:

- melemahkan sistem kekebalan Anda, yang berarti Anda mungkin lebih sering sakit
- meningkatkan risiko terkana tekanan darah tinggi, penyakit jantung, dan diabetes
- serta mengacaukan gairah seks

4. Kulit lebih sehat

Malam yang berat dapat terlihat pada kulit Anda dalam garis-garis halus, kerutan, pucat, dan kelopak mata bengkak atau turun. Kurang tidur juga dapat menyebabkan jerawat.

Tidur nyenyak membantu menjaga kesehatan kulit Anda. Selama tidur, sel-sel kulit Anda beregenerasi, sementara peningkatan aliran darah dan kolagen membantu memperbaiki kerusakan akibat polusi dan sinar UV.

5. Lebih konsentrasi

Otak Anda tidak bangun begitu Anda bangun, itulah sebabnya kita cenderung merasa pusing dan bingung saat pertama kali bangun.

Itu bisa bertahan sekitar satu jam atau lebih, sehingga lebih sulit untuk berkonsentrasi dan menyelesaikan pekerjaan jika Anda bangun dan keluar pintu terlalu cepat.

Namun bangun lebih awal memberi Anda waktu untuk bangun sepenuhnya sehingga Anda lebih fokus.



(agn/agn)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
BACA JUGA
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK