4 Cara Tingkatkan Nafsu Makan Anak Tanpa Suplemen

tim, CNN Indonesia | Rabu, 21/07/2021 13:20 WIB
Orang tua terkadang memberikan suplemen tambahan untuk tingkatkan nafsu makan anak. Padahal, ada cara lain untuk menyiasati masalah nafsu makan anak. Apa saja? Orang tua terkadang memberikan suplemen tambahan untuk tingkatkan nafsu makan anak. Padahal, ada cara lain untuk menyiasati masalah nafsu makan anak. Apa saja? (iStockphoto)
Jakarta, CNN Indonesia --

Anak yang sulit makan bisa bikin pusing tujuh keliling. Sebagai jalan pintas, para orang tua kadang memberikan suplemen tambahan untuk meningkatkan nafsu makan.

Padahal, ada cara lain untuk meningkatkan nafsu makan anak tanpa suplemen. Apa saja?

Suplemen makanan bukan berarti tidak sehat, namun ada efek samping yang mungkin timbul dari konsumsinya terus menerus. Kemungkinan anak akan ketergantungan suplemen makanan, atau justru orang tua yang menganggap suplemen makanan cukup untuk memenuhi nutrisinya sehari-hari hingga anak tidak diberikan makanan utuh.


Sebaik-baiknya nutrisi yang diberikan pada anak adalah makanan utuh yang tidak melalui banyak proses. Sementara multivitamin atau suplemen penambah nafsu makan sebenarnya adalah gabungan dari berbagai jenis makanan yang melalui banyak proses hingga menjadi sirup atau pil.

Lalu, bagaimana cara meningkatkan nafsu makan anak tanpa memberi suplemen tambahan?

Dokter spesialis anak konsultan, Meta Herdiana Hanindita mengatakan, sejatinya pasti ada alasan kenapa anak susah makan. Orang tua dalam hal ini harus mencari jawaban kenapa anak susah makan sehingga bisa memecahkan masalah tersebut.

"Pasti selalu ada alasannya kenapa anak susah makan, ketika tahu jawabannya maka bisa tahu cara memecahkan masalahnya. Tapi enggak semuanya harus pakai suplemen," kata Meta dalam sebuah webinar bersama Muslimah NU, Jumat (16/7).

Berikut beberapa cara meningkatkan nafsu makan anak tanpa suplemen.

1. Memberikan makanan yang disukai anak

Anak mungkin tak nafsu makan karena makanan yang tersaji di piring bukan makanan favoritnya, atau justru makanan yang dia tidak sukai.

Maka dari itu, orang tua mungkin harus mulai menyajikan makanan yang ia suka untuk menambah keinginan makan si anak. Orang tua juga sebaiknya tidak memaksakan anak makan banyak, cukup biarkan ia memilih makanan apa yang ia mau makan.

"Pastikan saja makanan itu bergizi dan sehat," kata Meta.



2. Tidak ada distraksi saat makan

Hal yang satu ini cukup penting, namun sering diabaikan oleh para orang tua. Pastikan saat makan anak tidak terdistraksi oleh kegiatan lain, seperti menonton televisi atau bahkan bermain gawai. Distraksi mengalihkan pikiran anak sehingga tidak fokus pada makanan.

"Sebaiknya saat makan tidak sambil menonton televisi atau bermain gawai biar tidak terjadi distraksi yang menurunkan keinginan makan si anak," ucap Meta.

Simak cara lain meningkatkan nafsu makan anak tanpa suplemen di halaman berikut.

Kurangi ASI saat MPASI

BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
1 2
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK