5 Buah yang Baik untuk Diet Golongan Darah B

Tim, CNN Indonesia | Sabtu, 24/07/2021 17:41 WIB
Berikut beberapa buah yang baik untuk diet golongan darah B. Buah-buahan ini diklaim membantu Anda tetap sehat. Ilustrasi. Ada beberapa buah yang baik untuk diet golongan darah B. (jill111/Pixabay)
Jakarta, CNN Indonesia --

Masing-masing pemilik golongan darah memiliki kebutuhan makan yang berbeda. Berikut beberapa buah yang baik untuk diet golongan darah B.

Diet golongan darah sendiri diciptakan oleh seorang ahli naturopati, Peter J D'Adamo. Dia mengklaim bahwa makanan bereaksi secara kimiawi dengan golongan darah.

Jika mengikuti diet yang dirancang untuk golongan darah Anda, maka tubuh akan mencerna makanan dengan lebih efisien. Proses penurunan berat badan dapat terbantu dengan baik.


Dalam teorinya, D'Adamo merekomendasikan asupan yang saling berbeda satu sama lain untuk masing-masing golongan darah. Pada dasarnya, diet ini menghindari asupan makanan olahan dan karbohidrat yang memang telah diketahui efektif untuk menurunkan berat badan.

Mengutip WebMD, D'Adamo secara spesifik merekomendasikan pemilik golongan darah B untuk menghindari asupan jagung, gandum, lentil, tomat, kacang tanah, dan biji wijen.

Selain daftar di atas, daging unggas juga tak disarankan dikonsumsi oleh orang dengan golongan darah B. Alih-alih daging unggas, D'Adamo menganjurkan asupan sayuran hijau, telur, daging tertentu, dan susu rendah lemak.

Buah yang Baik untuk Diet Golongan Darah B

bag of blood and plasma isolated on white background, BIlustrasi. Beberapa buah baik dimasukkan ke dalam menu diet pemilik golongan darah B. (iStockphoto/somkku)

Selain kumpulan daging, kacang, biji-bijian, dan sayur, beberapa buah juga disarankan dikonsumsi pemilik golongan darah B.

Menukil Live Strong, orang dengan golongan darah B disarankan untuk menghindari tomat, alpukat, kelapa, delima, dan kesemek.

Orang dengan golongan darah tipe B disebut cenderung memiliki sistem pencernaan yang baik, dengan tingkat asam-basa yang sehat. Hal itu membuat mereka dapat menikmati buah-buahan dengan rasa asam sekali pun dengan aman, dibandingkan dengan golongan darah lainnya.

Mengutip berbagai sumber, berikut beberapa buah untuk golongan darah B, menurut D'Adamo.

1. Pisang

Ilustrasi Buah pisangIlustrasi. Pisang bisa jadi buah yang baik untuk diet pemilik golongan darah B. (Hans/Pixabay)

Pisang merupakan sumber nutrisi yang dibutuhkan tubuh. Pisang menjadi sumber vitamin B6, serat larut, vitamin C, mangan, dan potasium.

Konsumsi pisang memiliki sejumlah manfaat seperti menjaga sistem pencernaan tetap sehat, menurunkan tekanan darah dan risiko stroke, meningkatkan stamina olahraga, hingga menjaga kesehatan kulit.

2. Anggur

Ilustrasi buah anggurIlustrasi. Selain pisang, anggur juga menjadi buah yang baik untuk diet pemilik golongan darah B. (Maja Petric)

Anggur diklaim bermanfaat untuk golongan darah tipe B. Resveratrol, senyawa polifenol yang bersifat antioksidan, di dalam anggur dapat membantu melindungi tubuh dari sejumlah penyakit.

Tak heran jika anggur punya reputasi yang baik untuk menjaga kesehatan jantung, melawan obesitas, dan mencegah diabetes.

3. Nanas

Ilustrasi Buah NanasIlustrasi. Buah-buahan asam seperti nanas baik dan aman untuk diet golongan darah B. (olgakr/Thinkstock)

Nanas baik dikonsumsi orang dengan golongan darah B, khususnya mereka yang memiliki masalah pencernaan seperti perut kembung.

Nanas mengandung bromelain, enzim alami yang memecah protein dan membantu pencernaan.

Selain itu, bromelain juga dapat membantu mencegah pembekuan darah, menghambat pertumbuhan sel kanker, dan mempercepat penyembuhan luka.

4. Cranberry

CranberryCranberry merupakan salah satu buah yang baik untuk diet golongan darah B. (iStockphoto/WilshireImages)

Cranberry merupakan pilihan buah rendah kalori dan kaya antioksidan.

Cranberry juga bersifat antibakteri. Penelitian menunjukkan kemampuan cranberry dalam mengobati dan mencegah infeksi saluran kemih. Penelitian juga menghubungkan manfaat cranberry dengan pencegahan batu ginjal.

5. Plum

raw plums in a plate on a brown wooden background. place for textIlustrasi. Buah plum juga jadi buah yang baik untuk diet golongan darah B. (iStockphoto/Sanny11)

Buah plum termasuk ke dalam deretan makanan dengan label 'superfood'.

Plum mengandung serat, vitamin A, vitamin C, dan vitamin K. Buah ini juga mengandung berbagai jenis mineral yang tak kalah penting seperti kalium, tembaga, dan mangan.

Julukan 'superfood' membuat plum memiliki sejumlah khasiat seperti menjaga kesehatan sistem pencernaan, menurunkan kolesterol, menjaga kesehatan jantung, mencegah anemia, mengobati osteoporosis, hingga menurunkan berat badan.

Konsumsi buah yang baik untuk diet golongan darah B di atas agar tetap sehat.

(asr/asr)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK