5 Trik Olah Daging Kurban Iduladha ala Chef Juna

tim, CNN Indonesia | Selasa, 20/07/2021 15:28 WIB
Juna Rorimpandey yang akrab disapa Chef Juna membagikan tips olahan daging kurban yang praktis dan tidak membosankan. ilustrasi tongseng untuk Iduladha (CNN Indonesia/Christina Andhika Setyanti)
Jakarta, CNN Indonesia --

Olahan serba daging bakal mendominasi dapur Anda saat Iduladha. Mungkin sebagian sudah merencanakan menu atau jenis olahan sesuai selera. Namun bisa saja sebagian masih bingung dengan ide olahannya apalagi mengolah daging memang tidak mudah.

Di samping itu, menu olahan daging seolah monoton dan membosankan. Namun Juna Rorimpandey yang akrab disapa Chef Juna membagikan tips olahan daging kurban yang praktis dan tidak membosankan.

1. Daging harus segar


Saat mendapatkan potongan daging segar, sebaiknya segera olah atau simpan dalam suhu dingin. Menurut Chef Juna, menyimpan daging dalam suhu ruang akan membuat daging tidak higienis.

"Jika harus menunggu, simpan di dalam chiller atau kulkas bawah maksimal 3 hari. Hindari memasukkan ke dalam freezer karena justru mengurangi kualitas rasa dagingnya," kata Chef Juna dalam pernyataan resmi dari Tokopedia yang diterima CNNIndonesia.com, Senin (19/7).

2. Bosan dengan rendang, coba terik daging sapi

Daging sapi sangat umum diolah menjadi rendang. Lauk satu ini memang terbilang lezat dan awet disimpan dalam waktu lama. Namun Anda perlu waktu lama untuk memasak rendang. Chef Juna pun memberikan ide untuk mengolah daging sapi menjadi terik.

Bagian daging sapi yang pas untuk olahan ini biasanya daging has luar dan has dalam.

Terik daging sapi adalah masakan berkuah santan berwarna kekuningan. Biasanya terik menggunakan telur rebus, tahu juga tempe sebagai isian. Namun kali ini Anda bisa menggunakan daging sapi. Anda cukup menyiapkan bumbu seperti bawang merah, bawah putih, ketumbar, garam, kemiri, kunyit, daun salam, lengkuas dan daun serai.

Haluskan semua bumbu kecuali daun salam, lengkuas, daun serai, dan kunyit. Tumis hingga wangi, lalu masukkan potongan daging sapi, daun salam dan lengkuas serta daun serai yang sudah dimemarkan.

Setelah beberapa menit, siram air matang dan masak daging hingga empuk. Sementara menunggu daging empuk, parut kelapa bersama kunyit untuk mendapatkan santan. Setelah daging empuk, baru masukkan santan, terus aduk agar santan tidak pecah sampai kuah mendidih merata. Terik daging sapi pun siap disajikan.

Olahan daging kurban

BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
1 2
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK