8 Tanaman Hias untuk Ruangan Ber-AC

CNN Indonesia | Kamis, 22/07/2021 08:54 WIB
Buat tanaman, ac adalah mimpi buruk. Tapi sebenarnya ada tanaman hias untuk ruangan ber ac. Buat tanaman, ac adalah mimpi buruk. Tapi sebenarnya ada tanaman hias untuk ruangan ber ac.(Istockphoto/Getty Images/fizkes)
Jakarta, CNN Indonesia --

Ketika udara panas, AC atau pendingin udara memang menyejukkan. Namun hal ini tidak berlaku buat tanaman Anda. Tapi sebenarnya ada tanaman hias untuk ruangan ber ac.

Pada dasarnya, suhu dingin akan menyebabkan tanaman 'kelaparan.' Jika warna daun tanaman Anda memudar atau jika daunnya layu, bisa jadi karena tanaman terlalu dekat dengan ventilasi AC. Namun, ini tak berarti semua tanaman pasti tak kuat ac.

Mengutip berbagai sumber, berikut beberapa tanaman hias untuk ruangan ber ac.


1. Snake plant

Variegated tropical leaves pattern of snake plant or mother-in-law's tongue (Sansevieria trifasciata 'Laurentii') and aloe succulent plant on dark nature background.Foto: istock/Chansom Pantip
Snake plant atau lidah mertua


Tanaman berbentuk seperti lidah ini dikenal juga sebagai lidah mertua. Tanaman hias ini termasuk tanaman yang sangat mudah dirawat dan 'kuat' tumbuh di berbagai medan termasuk ruangan pendingin.

2. ZZ plant

Tanaman ZZ, atau Zamioculcas zamiifolia seperti yang diketahui, berasal dari Afrika, sehingga sangat toleran terhadap kekeringan. Ini juga merupakan tanaman yang dapat tumbuh subur di lingkungan dengan cahaya rendah. Terlebih lagi, daun tanaman ZZ memantulkan sinar matahari, membuat ruangan Anda lebih cerah.

3. Spider plant

Spider plant (Chrolophytum comosum)Foto: Dtarazona/Wikimedia
Spider plant (Chrolophytum comosum)


Spider plant atau tanaman laba-laba termasuk tanaman yang sangat kuat dan bandel. Tanaman ini bisa hidup di ruangan dengan matahari yang langsung dan tak langsung.

4. Rubber fig

Glossy Burgundy Ficus Rubber Plant. Indoor Ficus Elastica Plant in natural light. Houseplant also known as a Rubber Fig plant.Foto: iStockphoto/Crystal Bolin Photography
Glossy Burgundy Ficus Rubber Plant. 



Jika Anda membutuhkan tanaman yang lebih besar untuk di dalam ruangan, Anda bisa memilih rubber fig. Tanaman ini hanya membutuhkan perawatan yang minimalis, butuh sedikit cahaya dan air.

5. Peace lily

Spathiphyllum: a white fragrant flower, also called a Peace lily and Women`s happiness. Isolated on neutral gray background.. Copy space. Clipping path.Foto: iStockphoto/barbaraaaa
Peace lily


Tanaman ini bisa membuat ruangan Anda menjadi lebih bernuansa tropikal. Tanaman ini bisa juga tak membutuhkan banyak perawatan termasuk tahan ac yang dingin.

6. Boston Fern

Pot of hanging Boston fern, hanging green plant decorationFoto: iStockphoto/JADEZMITH
Boston fern,


Tanaman hias untuk ruangan ber ac ini juga termasuk tanaman pemurni udara (air purifier) yang baik. Yang pasti tanaman hias ini kuat bahkan di ac yang dingins ekalipun.

7.

Golden pothos or Epipremnum aureum at window in the bedroom home and gardenFoto: iStockphoto/FeelPic
Golden pothos


Pothos termasuk tanaman merambat atau menjuntai indah yang banyak disukai. Namun dia juga tahan sebagai tanaman hias untuk ruangan ber ac.

8. Chinese evergreen

Tanaman hias untuk ruangan ber ac ini sangat menyukai keteduhan dan tahan pada kondisi ruangan yang dingin. Seperti peace lily, tanaman ini bisa menghadapi perubahan suhu dengan baik sebagai tanaman hias untuk ruangan ber ac.

(chs)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK