6 Makanan yang Bantu Atasi Dehidrasi

tim, CNN Indonesia | Jumat, 23/07/2021 07:39 WIB
Selain minum, sejumlah makanan juga dapat mengatasi dehidrasi dengan cepat. Berikut makanan yang bantu atasi dehidrasi. Selain minum, sejumlah makanan juga dapat mengatasi dehidrasi dengan cepat. Berikut makanan yang bantu atasi dehidrasi.(Foto: Picjumbo)
Jakarta, CNN Indonesia --

Selain minum, sejumlah makanan juga dapat membantu mengatasi dehidrasi dengan cepat. Anda bisa mengonsumsi makanan ini saat mengalami dehidrasi.

Dehidrasi adalah kondisi saat tubuh kehilangan cairan. Dehidrasi dapat disebabkan karena cuaca panas, obat-obatan, kelelahan, atau sehabis berolahraga berat.

Dehidrasi ditandai dengan rasa haus, sakit kepala, lelah, mulut kering, dan sulit fokus. Dehidrasi bisa diatasi dengan minum banyak air putih. Selain itu, Anda juga bisa mengonsumsi beberapa makanan untuk memenuhi asupan cairan tubuh.


Berikut makanan yang bantu atasi dehidrasi:

1. Semangka

ilustrasi potongan semangkaSemangka adalah makanan yang bantu atasi dehidrasi. (Foto: iStockphoto/fotosipsak)

Buah dan sayur memiliki kandungan air yang tinggi, itu sebabnya bisa jadi pilihan makanan untuk menghidrasi Anda.

Buah-buahan seperti semangka dan melon memiliki kandungan air yang tinggi. Sehingga dapat menjadi opsi terbaik saat Anda mengalami dehidrasi.

Sekitar 152 gram semangka merah rata-rata mengandung hampir 129 mililiter air.

2. Tomat

Buah yang matang dengan warna merah ini memiliki kandungan air sekitar 94 persen. Selain rasanya yang nikmat menyegarkan, tomat juga membantu mengatasi dehidrasi. Anda bisa makan tomat secara langsung maupun dijadikan jus.

Buah-buahan lainnya seperti stroberi juga mengandung cairan yang bisa mengatasi dehidrasi Anda. Mau dimakan langsung atau dijadikan jus buah, rasanya tetap nikmat.

3. Mentimun

Ilustrasi timunTimun adalah makanan yang bantu atasi dehidrasi. (Foto: Pixabay/stevepb)

Mentimun bisa menyegarkan kembali tubuh sekaligus membantu mengatasi dehidrasi.

Melansir Cleve and Clinic, mentimun mengandung 95 persen air dan juga kaya akan senyawa anti-inflamasi yang akan membuang racun di tubuh.

4. Seledri

Sayuran berserat ini akan memuaskan rasa haus Anda. Makan seledri juga baik untuk membantu diet karena rendah kalori. Kandungan vitamin K, folat, dan potasium Seledri juga tergolong tinggi.

Anda bisa menjadikannya jus dengan campuran mentimun dan selada. Diamkan dalam kulkas dan nikmati setelah berolahraga sebagai pengganti cairan tubuh yang hilang.

5. Selada

Semua jenis selada, termasuk sayuran hijau seperti kangkung dan bayam memiliki kandungan air yang tinggi. Alternatif lain, Anda dapat makan kembang kol.

Anda bisa makan selada sebagai salad atau jadi isian roti saat sarapan sebelum berolahraga.

6. Kaldu dan sup

Kaldu dan sup mempunyai kandungan air dan elektrolit tinggi. Kombinasi yang baik untuk mengatasi dehidrasi.

Kaldu dari tulang hewan dan sup dengan protein hewani juga mengandung kolagen yang baik untuk menjaga kesehatan persendian. Secangkir kaldu tulang sapi atau 237 mililiter mengandung fosfor, kalium, dan natrium. Natrium termasuk salah satu elektrolit penting untuk mengatasi dehidrasi.

Anda yang mengalami dehidrasi karena olahraga berat atau aktivitas berlebihan bisa memasukkan kaldu dan sup untuk menu makan harian Anda.

Itulah 6 makanan yang bantu atasi dehidrasi. Konsumsi makanan ini saat Anda merasa dehidrasi dan iringi dengan banyak minum air putih.

(mel/ptj)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK