Mengenal Karakteristik dan Ciri-ciri Orang Introvert

Tim, CNN Indonesia | Jumat, 30/07/2021 16:09 WIB
Istilah introvert dikemukakan oleh psikolog bernama Carl Jung pada 1920-an. Intip karakteristik dan ciri-ciri orang introvert. Istilah introvert dikemukakan oleh psikolog bernama Carl Jung pada 1920-an. Intip karakteristik dan ciri-ciri orang introvert. (Ilustrasi Foto: iStockphoto/Drazen Zigic)
Jakarta, CNN Indonesia --

Introvert adalah salah satu kategori kepribadian yang diperkenalkan dalam ilmu psikologi. Melansir WebMd, ciri-ciri orang introvert adalah berfokus pada pikiran dan perasaan diri sendiri.

Orang introvert juga dikenal gemar menghabiskan waktu hanya dengan satu atau dua orang ketimbang berkelompok.

Istilah introvert dikemukakan oleh psikolog bernama Carl Jung pada 1920-an. Jung menggambarkan seorang introvert sebagai seorang yang pendiam dan penyendiri.


Berkebalikan dengan kepribadian ekstrovert yang supel dan suka berkelompok. Namun anggapan introvert seorang pendiam tidak lagi tepat.

Orang dengan kepribadian introvert juga dapat memiliki elemen ekstrovert dalam kepribadiannya bergantung pada situasi dan kondisi tertentu, mengutip Healthline.


Ciri-ciri Orang Berkepribadian Introvert

Ilustrasi Mendengarkan musikCiri-ciri orang introvert (Ilustrasi Foto: PourquoiPas/Thinkstock)

Meskipun terlihat berbeda, orang introvert memiliki ciri dan pola perilaku tertentu. Secara umum berikut ciri-ciri orang introvert yang dirangkum dari berbagai sumber.

  • Lebih suka menghabiskan waktu sendirian

Menghabiskan waktu sendirian atau anak muda masa kini menyebutnya 'me time' bagi seorang introvert merupakan hal yang membahagiakan dan menyehatkan.

Menghabiskan waktu sendirian bisa dilakukan dengan istirahat atau beraktivitas seperti membaca, menulis, membuat kerajinan, bermain game, bermusik, menonton film, dan lain-lain.

  • Lebih menyukai bekerja secara individu

Seorang introvert biasanya menyukai bekerja secara individu. Ini bukan karena mereka tidak mau atau tidak bisa bekerja sama, namun seorang introvert dapat bekerja lebih baik, fokus, dan maksimal jika melakukannya seorang diri.

Konsentrasi dan fokusnya kemungkinan besar akan menurun saat harus berhadapan dengan berbagai karakter dalam suatu kelompok.

  • Memiliki teman dekat dalam jumlah kecil

Memiliki teman dekat dalam jumlah kecil bukan berarti seorang introvert tidak dapat bersosialisasi atau sulit bergaul.

Seorang introvert bisa saja sangat terbuka dan berbincang panjang lebar jika telah mengenal dalam dengan lawan bicaranya atau memiliki minat yang sama.

Orang introvert juga senang berkenalan dengan orang lain, akan tetapi menjaga kualitas hubungan dalam lingkup yang kecil merupakan kebahagiaan bagi orang introvert.

  • Tenggelam dalam pemikiran

Orang introvert lebih nyaman menyampaikan gagasan dalam bentuk tulisan ketimbang lisan. Tak terbatas pada menulis di buku, melainkan kenyamanan berbicara misalnya melalui media pengiriman pesan.

Secara umum orang introvert akan memikirkan mendalam pertanyaan spesifik sebelum menjawab. Hal ini bukan dikarenakan orang tersebut adalah pemalu, hanya saja orang introvert lebih menyukai gaya komunikasi yang terfokus.

Artikel kepribadian introvert ini masih berlanjut di halaman kedua...

Penyebab Introversi dan 4 Tipe Orang Introvert

BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
1 2
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK