Oleh-oleh Khas Bandung yang Tetap Eksis di Masa Pandemi

Kemenparekraf, CNN Indonesia | Kamis, 29/07/2021 20:47 WIB
Kota Bandung punya sejuta hal untuk kita merindu, mulai dari pesona alam, sejarah, budaya, hingga kulinernya. Kota Bandung punya sejuta hal untuk kita merindu, mulai dari pesona alam, sejarah, budaya, hingga kulinernya. (Dok. Kemenparekraf).
Jakarta, CNN Indonesia --

Siapa yang tak merindu untuk bisa pergi menjelajahi Kota Bandung di masa pandemi ini? Kota yang menawarkan segala hal untuk mewarnai setiap perjalanan.

Bandung punya sejuta cerita untuk dikangeni, mulai dari pesona alam, sejarah, budaya, beragam kuliner, tempat nongkrong yang unik, serta gaya fesyen yang nyentrik. Masih banyak lagi alasan untuk membuat kita selalu ingin kembali ke sana, mengeksplore Bandung yang memesona.

Untuk Sobat Pesona yang tinggal di luar Bandung, masih ingatkah kapan terakhir kali jalan-jalan ke kota yang dijuluki Paris Van Java? Menyusuri Jalan Braga yang sangat khas dan membangkitkan nostalgia, belanja pakaian serba diskon di factory outlet ternama dan memborong oleh-oleh makanan khas Bandung - Jawa Barat yang selalu kaya akan rasa.


Di masa pandemi yang belum usai ini, di mana pergerakan masyarakat dibatasi untuk menjaga keselamatan diri, rasa rindu untuk mengunjungi destinasi wisata favorit sambil mencicipi kuliner khasnya memang sering muncul. Nah, untuk mengobati kerinduan pada Kota Bandung, walaupun #dirumahaja kamu tetap bisa membeli ragam oleh-oleh kuliner khasnya. Wajib buat kamu pilih-pilih dan borong ya.

Kenapa wajib borong? Sebagaimana diutarakan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Salahudin Uno bahwa sektor parekraf menjadi salah satu yang paling terdampak dan paling tertekan karena pandemi ini.

"Tapi bukan berarti kita tinggal diam, kita harus membantu langkah kita untuk pulih dan itu harus kita lakukan dengan berpihak pada rakyat" ujar Sandiaga ketika berkunjung ke Lembang, Jawa Barat pada Jumat (17/7) lalu.

Nah, kuliner adalah bagian dari sektor parekraf tersebut. Jadi dengan membeli oleh-oleh kuliner, tidak hanya memanjakan lidah Sobat Pesona saja, tapi juga sekaligus membantu bangkitnya sektor pariwisata dan ekonomi kreatif Indonesia.

Berikut ini beberapa oleh-oleh khas Bandung yang bisa dipilih dan dibeli dari rumah.

Batagor

Nama batagor sendiri merupakan singkatan bakso dan tahu goreng. Jadi jangan heran bila dalam satu porsi batagor Bandung ini, hanya ada bakso dan tahu saja. Akan tetapi bakso dan tahu ini dibalut dengan adonan berbahan baku ikan tenggiri sehingga ketika digoreng akan menghasilkan cita rasa gurih kenyal dan teksturnya yang renyah.

BNR Kemenparekraf(Dok. Kemenparekraf).

Dalam satu porsi Batagor, disajikan dengan tambahan saus kacang dan perasan jeruk limau sehingga rasa dan aroma menjadi lebih segar. Di Bandung, ada dua tempat yang direkomendasikan untuk membeli batagor sebagai oleh-oleh, yakni Batagor Kingsley yang berlokasi di Jl. Veteran no. 25, Sumur Batu dan Batagor Riri, di Jl. Burangrang No. 41, Lengkong.

Dalam satu kemasan, Batagor Kingsley dijual dengan harga Rp 200.000,- (10 pcs). Sedangkan untuk Batagor Riri, terdapat dua pilihan paket, yakni Paket 5 seharga Rp 80.000,- terdiri dari 3 Batagor dan 2 Somay atau Paket 10 seharga Rp 200.000,- berisi 5 Batagor, 5 Somay.

Batagor Kingsley buka dari pukul 08:00-20:00 WIB dan tutup setiap hari Kamis. Sedangkan Batagor Riri buka setiap hari dari pukul 09:00-20:00 WIB. Saat PPKM Level 4, Batagor Kingsley dan Batagor Riri buka menyesuaikan peraturan setempat.

Pisang Bolen

Perpaduan pisang yang dibalut dengan kulit pastry yang renyah ini jadi camilan khas Bandung. Saat dimakan, kombinasi lembutnya pisang, manis gurihnya cokelat dan keju yang jadi isian rasa dan renyahnya pastry menjadikan camilan ini oleh-oleh khas yang wajib untuk dibeli.

Kamu bisa mendapatkan pisang bolen ini di Kartika Sari yang sudah memiliki 8 cabang. Gerai pertamanya berada di Jl. Haji Akbar, No. 4 Kebon Kawung yang lokasinya tidak jauh dari Stasiun Bandung. Di sini, pisang bolen disajikan dalam berbagai pilihan rasa, mulai dari Cokelat Keju, Durian Keju, Kacang Hijau, Peuyeum Keju, dan Keju Spesial.

BNR Kemenparekraf(Dok. Kemenparekraf).

Di area yang sama, Jl. Kebon Kawung di dalam Stasiun Bandung juga terdapat Mayasari Bakery yang menyediakan pisang bolen dengan varian rasa seperti Pisang Bolen Coklat, Pisang Bolen Peuyeum Bolen, dan Cheese Twist. Mayasari Bakery buka pukul 08:00-19:00 WIB.

Di momen pandemi seperti sekarang ini, selain menerapkan protokol kesehatan Cleanliness, Health, Safety, Environmental Sustainability (CHSE) di semua gerainya, Kartika Sari dan Mayasari Bakery juga sudah melayani pembelian secara online. Pemesanannya saat ini sudah bisa dilakukan di marketplace.

Tahu Susu Lembang

Jika ke Lembang, jangan lewatkan untuk membawa pulang oleh-oleh khasnya yakni Tahu Susu Lembang. Kenikmatan tahu susu ini diakui berkat kelembutan dan kulit tahunya yang kenyal. Cita rasanya pun tetap gurih, karena selain pemilihan kedelai yang tepat, juga ditambah dengan susu murni saat proses pembuatannya.

Tahu Susu Lembang berlokasi di Jalan Raya Lembang Nomor 177, Jayagiri, Kabupaten Bandung Barat, tak jauh dari Alun-alun Lembang. Sejak awal buka tahun 2008, lokasinya didesain sebagai sentra kuliner dengan penambahan atraksi wisata tematik. Konsep inilah yang membuat wisatawan yang hadir didominasi oleh keluarga.

BNR Kemenparekraf(Dok. Kemenparekraf).

Ada dua varian tahu susu, yakni Tahu Susu dan Tahu Mentega. Wisatawan bebas memilih tahu yang masih mentah ataupun yang sudah digoreng. Satu kemasan tahu susu seharga Rp25.000,- sedangkan tahu mentega Rp30.000,-.

Di hari biasa Tahu Susu Lembang buka dari pukul 08:00-17:00 WIB, sedangkan akhir pekan Tahu Susu Lembang buka dari pukul 08:00-20:00 WIB. Tetapi selama masa PPKM Level 4 jam operasional disesuaikan dengan peraturan pemerintah dan tetap menerapkan protokol kesehatan CHSE.

Jadi untuk kamu yang sudah rindu, yuk #BeliKreatifLokal secara online dulu. Turut bantu supaya roda perekonomian terus berputar.

Meskipun membeli oleh-oleh dapat dilakukan secara online, namun sebelum menerima paket belanja selama pandemi Covid-19 jangan abaikan protokol kesehatan dengan disiplin menerapkan 6M, mulai dari menjaga jarak, menggunakan masker dengan benar, membatasi mobilitas, menghindari makan bersama, menghindari kerumunan hingga mencuci tangan di mana pun berada. Tetap semangat dalam beraktivitas dan melakukan vaksinasi demi terciptanya herd immunity.

Nah, agar lebih banyak mendapat inspirasi tentang pariwisata dan ekraf Indonesia, yuk follow akun IG: @pesonaid_travel dan ikuti kompetisi #melodikemerdekaan berhadiah total jutaan rupiah dalam rangka merayakan momen Hari Kemerdekaan Indonesia yang akan dilaksanakan pada periode 27 Juli - 12 Agustus 2021, atau kunjungi website: www.indonesia.travel.

(osc)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK