5 Tanda Orang Cerdas Selain IQ

tim, CNN Indonesia | Jumat, 30/07/2021 11:14 WIB
Kecerdasan tak hanya dilihat dari nilai IQ atau Intelligence Quotient. Berikut sejumlah tanda orang cerdas lainnya. Kecerdasan tak hanya dilihat dari nilai IQ atau Intelligence Quotient. Berikut sejumlah tanda orang cerdas lainnya.(Foto: iStockphoto/dolgachov)
Jakarta, CNN Indonesia --

Kecerdasan tak hanya dilihat dari nilai IQ atau Intelligence Quotient. Terdapat sejumlah tanda orang cerdas lainnya yang bisa dilihat dari perilaku sehari-hari.

Mulai dari rasa ingin tahu hingga hewan peliharaan bisa menunjukkan seseorang memiliki kecerdasan yang tinggi. Amati perilaku orang tersebut untuk mengetahui tingkat kecerdasannya. Anda juga bisa menilai diri Anda sendiri.

Berikut 5 tanda orang cerdas selain IQ:


1. Selalu ingin tahu

Kepo atau selalu ingin tahu bisa jadi tanda seseorang memiliki kecerdasan yang tinggi. Penelitian dari Journal of Individual Differences menunjukkan bahwa terdapat hubungan antara keingintahuan dan kecerdasan.

Studi ini menyebut orang yang cerdas menggunakan rasa ingin tahunya untuk bertanya dan mempelajari hal-hal baru.

2. Banyak membaca

Ilustrasi membacaMembaca merupakan salah satu tanda orang cerdas. (Foto: iStockphoto/zhanghaoran521)

Kebiasaan membaca juga menjadi tanda seseorang memiliki kepintaran yang tinggi. Membaca mengasah otak untuk terus berpikir. Membaca juga menambah informasi baru.

Anda bisa meningkatkan kepintaran dengan membaca.

3. Mudah bergaul

ilustrasi teman kantorTanda orang cerdas berikutnya adalah mudah bergaul. (Foto: istockphoto/Tinpixels)

Orang yang cerdas juga mudah bergaul dan beradaptasi. Orang yang cerdas umumnya memiliki banyak teman. Selain itu, orang yang cerdas mampu mengatasi kesulitan di berbagai masalah.

4. Berpikiran terbuka

Berpikiran terbuka atau yang biasa disebut dengan open minded adalah tanda orang cerdas berikutnya. Orang cerdas mampu menerima dan mempertimbangkan pendapat dan pandangan orang lain. Orang cerdas tak bakal memaksakan kehendak.

5. Punya hewan peliharaan

Xenia Katzurke, behavioral therapist for dogs at the Tierheim Berlin animal shelter, holds an American Staffordshire Terrier Mix called Marti, as she speaks to reporters on the grounds of the animal shelter in Berlin on February 23, 2021. - The sprawling complex in northeast Berlin, which houses domestic, as well as wild animals, was built in 2001, and counts as one of Europe's largest animal shelters. Germany has seen an explosion in pet adoption in the pandemic, with demand for cats, dogs and other furry companions soaring as people seek ways to ease loneliness and boredom. (Photo by John MACDOUGALL / AFP) / TO GO WITH AFP STORY BY FEMKE COLBORNEMemiliki hewan peliharaan adalah salah satu tanda orang cerdas. (Foto: AFP/JOHN MACDOUGALL)

Punya hewan peliharaan juga dikaitkan dengan tanda-tanda kecerdasan. Seseorang yang memiliki hewan peliharaan cenderung punya kesehatan mental yang baik dan mampu mengontrol emosi.

Orang yang punya hewan peliharaan juga merupakan orang yang penyayang.

Itulah tanda orang cerdas selain IQ. Anda bisa mengamati tanda-tanda ini untuk mengetahui kecerdasan seseorang.

Klik di sini untuk artikel selanjutnya.

(ptj)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK