Contoh Surat Lamaran Pekerjaan yang Benar

Tim, CNN Indonesia | Senin, 02/08/2021 16:14 WIB
Agar lulus seleksi administrasi, buat surat lamaran kerja dengan sebaik mungkin. Berikut contohnya. Ilustrasi. Agar lulus seleksi administrasi, buat surat lamaran kerja dengan sebaik mungkin. (Istockphoto/Sitthiphong)
Jakarta, CNN Indonesia --

Surat lamaran pekerjaan menjadi salah satu syarat yang dibutuhkan saat mendaftar pekerjaan baru. Surat ini biasanya dijadikan salah satu syarat administrasi.

Selain itu, perusahaan juga akan meminta berkas lainnya seperti daftar riwayat hidup (curriculum vitae), salinan ijazah terakhir, dan transkrip nilai. Beberapa perusahaan bahkan meminta pelamar untuk menyematkan portofolio.

Surat ini biasanya akan ditujukan ke departemen Human Research and Development (HRD). Surat ini menjadi pengajuan atau permohonan kerja ke perusahaan secara resmi.


Selain itu, surat ini juga bisa menjadi bahan pertimbangan saat seleksi administrasi. Surat yang baik meningkatkan kemungkinan pelamar untuk lolos seleksi administrasi.

Untuk itu, buat surat lamaran kerja Anda dengan sebaik mungkin. Berikut contoh surat lamaran pekerjaan yang bisa dijadikan rekomendasi.

Surat Lamaran 1

Portrait of young Indian female client or candidate sitting at table, talking to senior male manager and smiling in office. Job interview or consultancy conceptIlustrasi. Agar lolos seleksi administrasi, buat surat lamaran pekerjaan dengan maksimal. (Istockphoto/MangoStar_Studio)

Yth. Bapak/Ibu HRD
(Nama Perusahaan)
(Alamat)

Perihal: Lamaran pekerjaan di (Nama Perusahaan)

Dengan hormat,

Saya yang bertanda tangan di bawah ini:
Nama : ...........
Tempat tanggal lahir: ...........
Pendidikan/Jurusan : .........
Alamat : ..........
Telp : ..........

Dengan ini mengajukan permohonan kepada Bapak/Ibu untuk menjadi (posisi pekerjaan yang dibutuhkan) di perusahaan. Sebagai pertimbangan, bersama ini saya lampirkan beberapa syarat pelengkap:

1. Daftar riwayat hidup
2. Ijazah terakhir
3. Transkrip nilai
4. Portofolio

Demikian saya sampaikan, atas perhatiannya saya ucapkan terima kasih.

Hormat saya,
(Nama pelamar)


Contoh Surat Lamaran 2

Smiling young woman and man handshake. Businesspeople shaking hands. Human resources, successfully passing the interview, hr concept. Close up resume paperIlustrasi. Surat lamaran pekerjaan juga bisa menjadi bahan pertimbangan saat seleksi administrasi. (Istockphoto/fizkes)

Kepada Yth. (Nama Perusahaan)
di (alamat)

Saya yang bertanda tangan di bawah ini:
Nama : ...........
Tempat tanggal lahir: ...........
Jenis kelamin : ..........
Jabatan yang dilamar : .........
Pendidikan/Jurusan : .........
Alamat : ..........
Telp : ..........

Dengan ini menyampaikan surat lamaran agar bisa mengikuti seleksi penerimaan karyawan di perusahaan Anda. Sebagai bahan pertimbangan, saya lampirkan beberapa syarat yang dibutuhkan:

1. Daftar riwayat hidup
2. Ijazah terakhir
3. Transkrip nilai
4. Portofolio

Dengan demikian surat lamaran ini dibuat. Adapun seluruh data dan dokumen yang saya berikan adalah benar. Apabila di kemudian hari ditemukan data yang tidak benar, maka saya menerima keputusan. Atas perhatiannya diucapkan terima kasih.

Hormat saya,
(Nama pelamar)

Contoh surat lamaran kerja ini bisa dijadikan referensi dan ditiru demi kelengkapan syarat administrasi. Semoga bisa mempermudah dan membantu Anda.

(auz/asr)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK