Cara Bedakan Gejala Covid dan Sinusitis

tim, CNN Indonesia | Selasa, 03/08/2021 09:07 WIB
Covid-19 dan sinusitis dapat menimbulkan gejala yang sama berupa pilek dan sakit kepala. Ketahui cara bedakan gejala Covid dan sinusitis. Covid-19 dan sinusitis dapat menimbulkan gejala yang sama berupa pilek dan sakit kepala. Ketahui cara bedakan gejala Covid dan sinusitis.(Foto: Istockphoto/Tharakorn)
Jakarta, CNN Indonesia --

Covid-19 dan sinusitis dapat menimbulkan gejala yang sama berupa pilek dan sakit kepala. Namun, kedua penyakit ini bisa dibedakan dengan mudah. Ketahui cara bedakan gejala Covid dan sinusitis.

Sinusitis adalah infeksi sinus yang terjadi saat cairan menumpuk di sinus atau rongga di sekitar hidung. Kondisi ini sebagian besar disebabkan oleh virus, dan beberapa juga disebabkan oleh bakteri.

Temuan CDC menunjukkan sejumlah kondisi dapat meningkatkan risiko seseorang terkena sinusitis. Mulai dari, demam, alergi udara, merokok atau paparan asap rokok, sistem imun yang rendah, konsumsi obat-obatan, hingga masalah pada struktur hidung.


Sedangkan Covid-19 adalah penyakit yang disebabkan oleh infeksi virus corona SARS-CoV-2. Virus corona menyebar melalui droplet dari orang yang terinfeksi Covid-19.

Cara bedakan Covid dan sinusitis harus dilihat dari gejala yang muncul secara menyeluruh.

Berikut gejala sinusitis:

  1. Pilek
  2. Hidung tersumbat
  3. Nyeri atau tekanan padawajah
  4. Sakit kepala
  5. Lendir menetes ke tenggorokan
  6. Sakit tenggorokan
  7. Batuk
  8. Bau mulut

Berikut gejala Covid-19 yang paling umum:

Quarantine of risky people to prevent  COVID-19 spreading, Man wearing mask and looking out on the window at home, Corona virus. COVID-19 and epidemic virus symptoms and protection. Coronavirus and Air pollution pm2.5 concept.Cara bedakan gejala Covid dan sinusitis harus dilihat dari gejala yang muncul secara menyeluruh. (Foto: iStockphoto/MrJub)
  1. Demam
  2. Batuk
  3. Sesak napas atau kesulitan bernapas
  4. Kelelahan
  5. Nyeri otot atau tubuh
  6. Sakit kepala
  7. Kehilangan rasa atau bau baru
  8. Sakit tenggorokan
  9. Hidung tersumbat atau pilek
  10. Mual atau muntah
  11. Diare

Bandingkan kedua gejala tersebut dengan sakit yang dirasakan. Perbedaan lain antara kedua kondisi ini adalah sakit pada bagian hidung yang lebih jelas terasa pada penderita sinisitis.

"Gejala yang paling menonjol dari infeksi sinus adalah termasuk hidung tersumbat, drainase hidung, dan berkurangnya indra penciuman," kata dokter ahli hidung dan sinus Eric H Holbrook, dikutip dari Prevention.

Pendapat yang sama juga diutarakan dokter spesialis penyakit infeksi William Schaffner.

"Infeksi sinus sering membuat Anda merasakan banyak rasa sakit di pipi dan dahi Anda," ucap Schaffner.

Untuk memastikan kondisi penyakit Covid-19, seseorang dapat melakukan tes swab PCR. Sedangkan untuk diagnosis sinusitis dapat melakukan pemeriksaan ke dokter.

Itulah cara bedakan gejala Covid dan sinusitis.

(ptj)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK