Hal yang Dilakukan Sebelum dan Sesudah Vaksin Covid Ibu Hamil

tim, CNN Indonesia | Selasa, 03/08/2021 10:48 WIB
Ibu hamil harus segera mendapatkan vaksin Covid-19. Terdapat beberapa hal yang dilakukan sebelum dan sesudah vaksin Covid pada ibu hamil. Ibu hamil harus segera mendapatkan vaksin Covid-19. Terdapat beberapa hal yang dilakukan sebelum dan sesudah vaksin Covid pada ibu hamil.(Foto: iStockphoto/RossHelen)
Jakarta, CNN Indonesia --

Ibu hamil mesti segera mendapatkan vaksin Covid-19 untuk melindungi diri dan bayi yang dikandung dari infeksi virus corona. Terdapat beberapa hal yang dilakukan sebelum dan sesudah vaksin Covid pada ibu hamil.

Kementerian Kesehatan juga sudah mengeluarkan surat edaran untuk memberikan vaksinasi Covid-19 pada ibu hamil untuk mencegah infeksi Covid-19 yang semakin tinggi pada ibu hamil.

Ibu hamil yang sudah memasuki trimester kedua atau usia kehamilan 13 minggu boleh mendapatkan vaksinasi di layanan kesehatan terdekat.


"Ibu hamil silahkan daftarkan diri ke sentra vaksinasi terdekat atau fasilitas layanan kesehatan terdekat. Kami berkolaborasi dengan teman-teman bidan dan BKKBN untuk vaksinasi pada ibu hamil," kata Sekretaris Jenderal Perkumpulan Obstetri dan Ginekologi Indonesia (POGI) profesor dokter Budi Wiweko kepada CNNIndonesia.com, Selasa (3/8).

Budi menjelaskan ibu hamil sudah dapat divaksinasi pada usia kehamilan yang sudah memasuki trimester kedua.

Berikut hal yang harus dilakukan sebelum vaksin Covid pada ibu hamil:

Pregnant Vaccination. Pregnant Woman In Face Mask Getting Vaccinated in Clinic. Doctor Giving Corona Virus Vaccine Injection Patient. Covid-19 Flu Protection. Selective focus. Syringe close up.Terdapat beberapa hal yang dilakukan sebelum dan sesudah vaksin Covid ibu hamil. (Foto: iStockphoto/Marina Demidiuk)

  1. Pastikan sudah makan dengan nutrisi yang seimbang
  2. Hindari aktivitas berat sebelum divaksin Covid-19
  3. Jaga suhu tubuh tetap normal dan tidak lebih dari 37,5 derajat Celcius
  4. Kontrol tekanan darah tidak lebih dari 140/90 mmHg
  5. Pastikan tidak memiliki gejala preeklampsia berupa kaki bengkak, sakit kepala, nyeri ulu hati, pandangan kabur, dan tekanan darah tidak lebih dari 140/90 mmHg
  6. Jika punya penyakit penyerta seperti jantung, diabetes, asma, ginjal, hipertiroid, pastikan kondisi penyakit terkontrol dengan baik.

Berikut hal yang harus dilakukan setelah vaksin Covid pada ibu hamil

  1. Tunggu 30 menit setelah vaksinasi untuk melihat reaksi kejadian ikutan pasca imunisasi (KIPI)
  2. Hindari aktivitas berat setelah vaksinasi
  3. Jika mengalami demam pasca vaksin, ibu hamil boleh mengonsumsi parasetamol
  4. Ibu hamil juga dapat mengompres area suntikan jika merasakan nyeri
  5. Tetap patuhi protokol kesehatan meski telah divaksin.

"Studi terbesar di Amerika serikat menemukan tidak ada KIPI yang serius setelah vaksinasi pada ibu hamil. Walaupun sudah divaksin tetap patuhi protokol kesehatan, memakai masker, menghindari kerumunan, dan mencuci tangan," kata Budi.

Itulah hal yang dilakukan sebelum dan setelah vaksin Covid ibu hamil.

(ptj)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK