Kenali Efek Samping Vaksin Pfizer

tim, CNN Indonesia | Kamis, 16/09/2021 14:52 WIB
Vaksin Moderna dan Pfizer kini tersedia di seluruh fasilitas kesehatan (faskes) DKI Jakarta. Berikut efek samping vaksin Pfizer. Vaksin Moderna dan Pfizer kini tersedia di seluruh fasilitas kesehatan (faskes) DKI Jakarta. Berikut efek samping vaksin Pfizer. (iStock/hxyume)
Jakarta, CNN Indonesia --

Vaksin Moderna dan Pfizer kini tersedia di seluruh fasilitas kesehatan (faskes) DKI Jakarta. Berikut efek samping vaksin Pfizer.

Mengutip laman Kemenkes, Vaksin Pfizer telah memperoleh Emergency Use Authorization (EUA) dari BPOM pada 14 Juli 2021, sehingga bisa langsung disuntikkan kepada masyarakat.

"Vaksin ini harus disiapkan oleh petugas kesehatan yang sudah dilatih menggunakan teknik tertentu dalam menangani rantai dingin, termasuk cara mencairkan dan mengencerkan vaksin sebelum disuntikkan," kata Kepala Biro Komunikasi dan Pelayanan Masyarakat, Widyawati.


Namun adakah efek samping vaksin pfizer?

Memang tak ada efek terlalu berat yang ditimbulkan oleh vaksin ini. Menurut Joni Wahyudi, Direktur Utama Rumah Sakit Dokter Soetmono, Jawa Timur efek samping vaksin pfizer tak berbeda jauh dengan vaksin lain yang sudah tersedia di Indonesia sebelumnya.

"Yang khusus (efek samping) enggak ada yah," kata dia saat dihubungi CNNIndonesia.com, Agustus lalu.

Rasa sakit di bagian lengan yang disuntik, demam, hingga flu mungkin akan dirasakan oleh beberapa orang. Ini juga tergantung pada kondisi tubuh si penerima vaksin.

Hal sama juga diungkap oleh Juru Bicara Vaksinasi Covid-19 dari Kementerian Kesehatan Siti Nadia Tarmizi, menurutnya efek yang dirasakan hanya seputar pusing dan demam biasa.

"Sama ya. Hanya demam, pusing, nyeri di tempat penyuntikan," kata dia.

Beberapa hal yang mungkin akan dirasakan oleh penerima vaksin setelah dilakukan penyuntikan yakni perasaan lelah, nyeri otot, nyeri sendi, demam hingga sakit kepala. Namun tak prlu khawatir karena perasaan sakit ini akan segera sembuh dalam kurun waktu kurang lebih 24 jam.

"Efeknya hanya sebentar," kata dia.

Nadia juga menganjurkan kepada masyarakat yang hendak melakukan suntik vaksin dengan Pfizer harus menjaga kondisi tubuhnya prima. Sebelum divaksin tentunya harus tidur cukup, tidak tegang, dan sarapan atau makan sebelum disuntik.

"Istirahat yang cukup,jangan bergadang, sempatkan untuk sarapan," kata dia.

Vaksin Moderna dan Pfizer kini tersedia di seluruh fasilitas kesehatan (faskes) DKI Jakarta.

(tst/chs)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK