Penyakit Infeksi yang Mengintai di Musim Hujan, Selain Covid

tim, CNN Indonesia | Kamis, 02/09/2021 06:15 WIB
Ketua Umum IDI, Daeng M. Faqih mengungkapkan masih ada beberapa penyakit infeksi selain Covid-19 yang perlu diwaspadai terutama menjelang musim hujan. Ketua Umum IDI, Daeng M. Faqih mengungkapkan masih ada beberapa penyakit infeksi selain Covid-19 yang perlu diwaspadai terutama menjelang musim hujan.(iStock/monstArrr_)
Jakarta, CNN Indonesia --

Memasuki musim penghujan, infeksi Covid-19 bukan lagi satu-satunya risiko infeksi penyakit yang mengintai. Ketua Umum Pengurus Besar Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Daeng M. Faqih mengungkapkan masih ada beberapa penyakit infeksi selain Covid-19 yang  perlu diwaspadai terutama menjelang musim hujan.

"Jelang musim hujan ada penyakit infeksi seperti demam berdarah yang jumlah kasusnya banyak dan tingkat kematiannya masih tinggi sekali," ujar Daeng dikutip dari Antara.

Selain itu, penyakit infeksi lainnya seperti tubercolosis atau TBC dan HIV juga memiliki tingkat kasus yang tinggi di Indonesia, bahkan jumlah kasusnya menduduki rangking lima besar di dunia.


"Ini belum termasuk beberapa penyakit yang sudah kita coba eradikasi seperti polio, namun di beberapa wilayah kasusnya masih tetap muncul ke permukaan," jelas Daeng.

"Tapi kenyataannya penyakit infeksi ini masih banyak, tidak hilang juga, malah bertambah penyakit akibat pandemi corona. Ini harus diperhatikan oleh masyarakat supaya lebih waspada."

Tips hidup sehat

Daeng mengungkapkan ada 4 hal yang harus dijaga agar tak mudah sakit:

1. Perilaku
"Perilaku bersih sehat seperti mandi, cuci tangan adalah bagian dari perilaku untuk jaga diri tetap bersih. Maka kalau tubuh bersih kuman tidak akan mudah masuk ke tubuh kita. Kalau kita tinggalkan kebersihan diri maka akan bahaya sekali karena kuman, bakteri dan virus jadi gampang masuk," papar Daeng.

2. Lingkungan
"Yang kedua adalah faktor lingkungan, dengan sanitas dan disinfeksi lingkungan rumah, lingkungan kerja, bahkan lingkungan belanja supaya virus-virus itu tidak bertebaran," ujar Daeng.

"Yang harus sering dibersihkan adalah barang-barang atau apapun yang sering disentuh keluarga dan anak-anak, seperti pintu, mebel, gawai juga. Jangan lupa secara rutin dilakukan pembersihan."

3. Daya tahan tubuh
Daya tahan tubuh bisa dilakukan dengan banyak cara, termasuk makan makanan sehat dan bergizi seimbang. Selain itu, olahraga dan istirahat teratur juga penting untuk meningkatkan daya tahan tubuh.

4. Pelayanan kesehatan
Pelayanan kesehatan bisa berarti rumah sakit, klinik, puskesmas dan lainnya. Kelengkapan dan pelayanan fasilitas kesehatan juga penting untuk membantu masyarakat menjaga kesehatan.

(chs)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK