Cara dan Menu Diet Rendah Kolesterol

CNN Indonesia
Minggu, 05 Sep 2021 07:44 WIB
Kolesterol tinggi menjadi salah satu faktor risiko penyakit kardiovaskular. Berikut cara diet rendah kolesterol yang bisa Anda ikuti. Ilustrasi. Menu diet untuk penderita kolesterol didominasi oleh sayur dan buah. (iStockphoto/fcafotodigital)

3. Biji-bijian

Penelitian menemukan, asupan biji-bijian dapat menurunkan risiko penyakit jantung dan stroke. Biji-bijian, seperti gandum dan barley, dengan kandungan beta-glucan diklaim efektif menurunkan kadar kolesterol jahat dan mampu menyerap kelebihan kolesterol di pencernaan.

4. Dark chocolate

Buah kakao merupakan bahan dasar dan utama pembuatan cokelat hitam (dark chocolate). Kakao diketahui mengandung flavanol yang diklaim dapat menurunkan kolesterol jahat dan meningkatkan produksi kolesterol baik.

Namun, untuk mendapatkan manfaat tersebut, Anda perlu memilih cokelat hitam murni dengan kandungan kakao sebesar 75-85 persen atau lebih.

5. Teh hijau

Selain untuk menurunkan berat badan, teh hijau juga punya kemampuan menekan kadar kolesterol jahat. Hal ini didapat dari kandungan katekin dan senyawa antioksidan lain yang dimiliki teh hijau.

6. Susu kedelai

Kefir, milk or Turkish Ayran drink are poured into a glass cup from a bottle. A glass stands on a wooden stand on a rustic wooden table. Place for text.Ilustrasi. Susu kedelai juga menjadi menu diet untuk penderita kolesterol. (iStockphoto/Elena Medoks)

Susu kedelai merupakan pilihan susu rendah lemak yang baik untuk penderita kolesterol. Menggunakan susu kedelai sebagai pengganti produk susu tinggi lemak dapat membantu mengurangi kadar kolesterol.

7. Jus tomat

Buah tomat mengandung likopen yang diklaim dapat mengurangi kadar kolesterol jahat. Membuatnya ke dalam bentuk jus dapat meningkatkan kandungan likopen yang dimiliki.

Demikian cara diet rendah kolesterol yang bisa Anda ikuti. Namun, perlu dicatat, menerapkan menu diet untuk penderita kolesterol juga perlu diimbangi dengan olahraga teratur dan gaya hidup sehat lainnya.

(imb/asr)

[Gambas:Video CNN]
HALAMAN :
1 2
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

TERPOPULER