Fakta soal Beatrice Borromeo, Bangsawan 'Stylish' asal Italia

tim | CNN Indonesia
Kamis, 09 Sep 2021 10:13 WIB
Selain Putri Diana, Kate Middleton, dan Meghan Markle, ada lagi bangsawan yang memiliki gaya busana memikat, yakni Beatrice Borromeo. Siapakah dia? Selain Putri Diana, Kate Middleton, dan Meghan Markle, ada lagi bangsawan yang memiliki gaya busana memikat, yakni Beatrice Borromeo. Siapakah dia?Selain Putri Diana, Kate Middleton, dan Meghan Markle, ada lagi bangsawan yang memiliki gaya busana memikat, yakni Beatrice Borromeo. Siapakah dia? (AFP/ANNE-CHRISTINE POUJOULAT)
Jakarta, CNN Indonesia --

Mendiang Putri Diana, Kate Middleton, sampai Meghan Markle kerap jadi pembicaraan berkat fashion atau gaya berbusana mereka. Mungkin mereka patut disebut bangsawan yang stylish dan fashionable.

Namun bicara soal gaya busana, Anda tak boleh melupakan Beatrice Borromeo yang juga dari kalangan bangsawan.

Siapa sosok Beatrice Borromeo ini sebenarnya?


Bernama lengkap Beatrice Borromeo Arese Taverna, ia merupakan putri dari Don Carlo Ferdinando Borromeo, Pangeran Arona, sebuah kota di provinsi Novara, Italia.

Jika Anda mengenal nama Carolus Borromeus (Carlo Borromeo), seorang kardinal yang dinobatkan menjadi santo oleh Gereja Katolik, Beatrice memiliki hubungan famili dengannya dari sang ayah.

Pierre Casiraghi (L) and his wife Beatrice Casiraghi arrive for the annual Rose Ball at the Monte-Carlo Sporting Club in Monaco on March 18, 2017. - The Rose Ball is one of the major charity events in Monaco. Created in 1954, it benefits the Princess Grace Foundation. (Photo by VALERY HACHE / AFP)Beatrice Borromeo bersama suami, Pierre Casiraghi (AFP/VALERY HACHE)

Beatrice resmi dipinang Pierre Casiraghi pada 2015 silam. Casiraghi merupakan putra bungsu Puteri Caroline dari Monako sekaligus cucu mendiang Grace Kelly.

Pertemuan dua anggota kerajaan tak pelak melahirkan sebuah royal wedding berkelas kala itu. Menurut Vogue, tak cukup satu melainkan lima gaun ia kenakan di pesta pernikahannya.

Di balik statusnya sebagai bangsawan, ada sederet fakta-fakta menarik mengenai ibu dua anak ini.

Jurnalis politik

Di kampung halamannya, Borromeo dikenal tak hanya sebagai keluarga kerajaan tetapi juga jurnalis politik dan pembuat film dokumenter. Perempuan 36 tahun ini menjadi jurnalis di Il Fatto Quotidiano, Newsweek dan Daily Beast.

Ia pun menyicip dunia penyiaran di Anno Zero dan Radio 105 Network.

Sebagaimana dilansir South China Morning Post, ia dikenal tidak takut membeberkan fakta dari sebuah wawancara dengan politikus Italia hingga mengungkap kasus korupsi.

Lulusan Hukum

Borromeo memperoleh gelar Master dalam jurnalistik dari Columbia University. Sebelumnya ia merupakan lulusan ilmu hukum Bocconi University, Milan.

Di kampus bergengsi ini ia bertemu dengan pria yang kini jadi suaminya. Saat itu Casiraghi sedang mengambil studi ekonomi internasional dan manajemen.

Sutradara film dokumenter

Karya jurnalistik yang ia hasilkan tak sebatas tulisan. Ia memproduksi film dokumenter yang fokus pada isu sosial juga lingkungan.

Pada 2013, ia merilis Mamma Mafia, sebuah film yang mengangkat tentang perempuan Italia dalam organisasi mafia.

Setelah menikah dan memiliki dua anak, Stefano dan Francesco, Borromeo tak lantas meninggalkan dunia film. Justru ia membangun perusahaan film dokumenter bernama Astrea Films.

Menganut nilai inklusivitas, kesetaraan, dan kesatuan

Dalam sebuah wawancara, ia tidak menyebut pasti agama atau kepercayaan yang dianut. Dia hanya menjawab ada tiga nilai yang ia tekankan yakni inklusivitas, kesetaraan dan kesatuan.

Hal ini pula yang ia ajarkan pada kedua buah hatinya untuk memperlakukan semua orang sama, tidak peduli warna kulit atau keyakinan mereka.

Sederhana

Menyuarakan ketidakadilan tanpa meninggalkan peran sebagai istri dan ibu tidak membuatnya tampil apa adanya. Ia sempat mengaku bahwa kaos dan celana jin adalah busananya sehari-hari.

"Skinny jeans, sepatu kets, dan kaus. Jika saya mewawancarai pejabat pemerintahan, saya akan lebih formal: jaket, kemeja, celana. Namun jika saya melihat pengungsi di lapangan, saya tidak akan peduli dengan apa yang saya kenakan," ungkap Borromeo dalam wawancara dengan Glamour pada 2016 silam.

Kemudian untuk kesempatan formal, ia akan mengenakan Valentino atau Giorgio Armani. Ia tak ragu bercerita bahwa gaun-gaun ini hanya pinjaman. Borromeo mengaku tidak mampu membeli gaun-gaun demi kepentingan tampil di depan publik.

Dalam sederet kesempatan, ia selalu tampil menawan. Faktanya, ia memang suka tampil elegan sekaligus nyaman. "Tak ada tampilan yang akan menutup fakta bahwa saya tidak nyaman," imbuhnya.

(els/agn)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA
TERPOPULER