Cara Memanggang Ikan yang Benar, Nikmat, dan Anti Lengket

tim, CNN Indonesia | Senin, 20/09/2021 16:30 WIB
Memanggang atau membakar ikan tak semudah memanggang daging. Berikut cara memanggang ikan yang benar, nikmat, dan anti hancur. Memanggang atau membakar ikan tak semudah memanggang daging. Berikut cara memanggang ikan yang benar, nikmat, dan anti hancur.(Foto: iStockphoto/Vesnaandjic)
Jakarta, CNN Indonesia --

Berbagai jenis ikan terasa gurih dan lumer di mulut ketika disantap setelah melalui proses pemanggangan. Meski begitu, memanggang atau membakar ikan tak semudah memanggang daging. Berikut cara memanggang ikan yang benar, nikmat, dan anti lengket.

Ikan memiliki tekstur yang lembut, sehingga mudah menempel di alat panggangan. Anda bisa mengikuti langkah-langkah berikut ini untuk hasil ikan panggang yang sempurna.

Berikut cara memanggang ikan yang benar:


1. Siapkan alat

Beberapa peralatan harus Anda siapkan agar ikan panggang bisa sempurna. Alat-alat itu berupa penjepit bergagang panjang, kuas panggangan, spatula, termometer atau alat pengukur suhu.

Panggangan yang digunakan juga harus bersih dari bekas memanggang sebelumnya. Hal ini untuk menghindari gosong yang bisa menempel pada ikan yang akan Anda panggang.

Membersihkan alat panggang terbaik adalah saat dalam keadaan panas. Hal ini memudahkan sisa-sisa makanan yang menempel mengelupas saat terkena air.

2. Gunakan minyak zaitun

Ilustrasi Minyak ZaitunCara memanggang ikan dapat menggunakan minyak zaitun agar tidak lengket. (Foto: stevepb/Pixabay)

Minyak juga mempunyai andil besar terkait hasil panggangan ikan. Gunakanlah minyak zaitun agar ikan yang dipanggang tetap menghasilkan warna kecokelatan, tapi tak melekat di alat panggangan.

3. Pemilihan ikan

Pilihlah ikan yang segar. Jika Anda pemula dalam memasak ikan, sebaiknya pilih ikan yang memiliki tekstur daging lebih tebal agar memudahkan proses pemanggangan.

Garami dan minyaki ikan dengan perlahan. Ikan tak perlu terlalu lama dimarinasi. Anda bisa langsung memanggang ikan setelah melumurinya dengan minyak dan garam. Panggang ikan lebih lama di sisi pertama.

4. Masak hingga 145 derajat di bagian tengah

Melansir dari Barbecue Bible, bagian tengah ikan yang memiliki daging tebal harus dimasak dalam panggangan dengan suhu 145 derajat Celcius. Ikan juga harus mudah terkelupas saat ditekan dengan garpu.

5. Sajikan dengan lemon segar

Potongan lemon segar yang dipanggang sebentar akan menambah kesegaran ikan. Ikan siap disantap.

Itulah cara memanggang ikan yang benar, nikmat, dan anti lengket.

(ptj/ptj)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK