Doa untuk Menghilangkan Jerawat dan Bisul

CNN Indonesia | Minggu, 12/09/2021 20:28 WIB
Jerawat merupakan salah satu dari sekian masalah kulit yang mengganggu. Ada segudang cara menghilangkan jerawat, termasuk memanjatkan doa menghilangkan jerawat. Jerawat merupakan salah satu dari sekian masalah kulit yang mengganggu. Ada segudang cara menghilangkan jerawat, termasuk memanjatkan doa menghilangkan jerawat. (iStockphoto/zeynep boğoçlu)
Jakarta, CNN Indonesia --

Jerawat merupakan salah satu dari sekian masalah kulit yang mengganggu dan juga menyebalkan. Ada segudang cara menghilangkan jerawat, termasuk dengan memanjatkan doa menghilangkan jerawat atau penyakit.

Kemunculan jerawat sendiri disebabkan oleh beberapa faktor. Mulai dari perubahan hormon, perawatan kulit yang salah, gaya hidup tidak higienis, hingga paparan debu.

Dalam Islam, terdapat doa yang bisa dipanjatkan saat terkena penyakit. Kyai Cholil Nafis yang juga merupakan Ketua MUI Pusat menyebut, bahkan ada doa yang bisa dipanjatkan saat timbul jerawat dan bisul.


"Ada doa penghilang penyakit, termasuk jerawat," kata Cholil saat dihubungi CNNIndonesia.com, Rabu (8/9).

Sebagaimana dilansir NU Online, doa yang bisa dilafalkan saat terkena penyakit, termasuk jerawat atau bisul, ini juga telah dilakukan oleh Nabi Muhammad SAW.

Kala itu Rasul disebutkan mendapati istrinya mengalami bisul di salah satu ujung jarinya.

Rasul kemudian meminta ramuan obat agar bisul tersebut sembuh dan langsung mengajarkan istrinya untuk memanjatkan doa kepada Allah SWT agar segera disembuhkan dari bisul.

Berikut doa menghilangkan jerawat, seperti yang diajarkan Rasul ketika terkena bisul dan jerawat.

اللَّهُمَّ مُصَغِّرَ الْكَبِيرِ ، وَمُكَبِّرَ الصَّغِيرِ صَغِّرْ مَا بِي

Artinya : Wahai Tuhan yang (kuasa) mengecilkan sesuatu yang besar, dan (sanggup) membesarkan yang kecil, kecilkanlah penyakit yang ada padaku.

Meski semula doa ini diajarkan Rasul untuk meminta bisul yang diderita istrinya sembuh, tapi doa ini juga bisa dipanjatkan saat terkena jerawat.

Selain dengan memanjatkan doa menghilangkan jerawat, cara menghilangkan dan mencegah jerawat juga dapat dilakukan dengan mengurangi sejumlah kebiasaan seperti terlalu banyak memegang ponsel, tidak membersihkan makeup, cuci muka berlebihan, tidak mencuci sarung bantal, serta tidak mencuci tangan.

(tst/agn)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK