5 Cara Mengatasi Warna Kulit Tidak Merata

Tim, CNN Indonesia | Senin, 20/09/2021 09:21 WIB
Untuk mengatasi kulit belang dan bintik-bintik gelap, berikut cara mengatasi warna kulit tidak merata yang bisa dilakukan sendiri di rumah. Cara mengatasi warna kulit tidak merata yang bisa dilakukan sendiri di rumah. (Foto: Getty Images/iStockphoto/Lordn)
Jakarta, CNN Indonesia --

Warna kulit yang tidak merata dapat dipicu oleh berbagai penyebab. Mulai dari bekas luka, bekas jerawat, paparan sinar matahari, penuaan, dan banyak faktor lainnya.

Bahkan sekalipun kulit dalam kondisi sehat, paparan sinar matahari yang menyorot dalam waktu lama dapat meninggalkan belang maupun bintik-bintik gelap pada kulit.

Namun kabar baiknya, sekarang ini sudah ada banyak cara mengatasi warna kulit tidak merata. Mulai dari memakai produk skincare sampai perawatan khusus wajah di klinik kecantikan.


Di samping melakukan perawatan kulit wajah tersebut, Anda juga perlu mengimbangi cara alami berikut agar kembali merata dan bagian kulit yang menggelap jadi memudar.

1. Banyak minum air putih

ilustrasi air minum kemasanCara mengatasi warna kulit tidak merata dengan perbanyak minum air putih (Foto: iStockphoto/CatLane)

Memenuhi asupan air putih sesuai kebutuhan tubuh minimal 8 gelas sehari termasuk cara sederhana untuk menjaga kulit tetap sehat dan terhidrasi dari dalam.

Ketika minum cukup air, sel-sel di setiap bagian tubuh akan terhidrasi melalui darah. Termasuk kulit yang merupakan organ terbesar dalam tubuh tak luput terhidrasi. Proses ini turut berkontribusi mengembalikan warna kulit.

Selain itu, minum air putih membantu menormalkan suhu tubuh sekaligus memudahkan tubuh membuang kotoran dan racun.


2. Pilih skincare yang tepat

ilustrasi skincareCara mengatasi warna kulit tidak merata dengan menggunakan skincare yang tepat (Foto: iStockphoto/ake1150sb)

Mengembalikan warna kulit tidak merata dapat diatasi dengan skincare. Asalkan memakai produk yang sesuai kondisi kulit supaya hasilnya lebih efektif.

Khususnya bagi tipe kulit sensitif dan berjerawat harus sangat berhati-hati memilih produk skincare yang tepat agar tidak malah memicu masalah kulit lainnya.

Misalnya untuk kulit berjerawat, Anda bisa mencari produk yang mengandung alpha hydroxy acid (AHA), benzoil peroksida, dan hyaluronic acid.

Selain efektif mengendalikan produksi sebum berlebih penyebab jerawat, kandungan tersebut juga dapat mencerahkan, memperbaiki tekstur, mengurangi pigmentasi, serta meningkatkan warna kulit.


3. Lakukan eksfoliasi rutin

ilustrasi perawatan wajahCara mengatasi warna kulit tidak merata dengan rutin eksfoliasi (Foto: Istockphoto/ Andresr)

Cara meratakan warna kulit berikutnya adalah dengan rutin melakukan eksfoliasi, setidaknya seminggu sekali. Eksfoliasi dapat dilakukan dengan dua metode, fisik dan kimia.

Lapisan atas kulit atau epidermis sebagian besar terdiri atas sel-sel kulit mati.

Dengan eksfoliasi secara teratur membantu mempercepat proses pengangkatan sel-sel kulit mati, membersihkan, menghaluskan, serta membuat kulit jadi lebih cerah, mengutip Forbes.

Sel kulit mati umumnya berganti setiap 20-38 hari dan tetap menempel pada kulit tubuh atau wajah jika dibiarkan.

Oleh karena itu, penting untuk mengangkat sel kulit mati yang merupakan salah satu penyebab warna kulit tidak merata.


4. Konsumsi vitamin C dan E

ilustrasi vitamin cCara mengatasi warna kulit tidak merata dengan mengonsumsi vitamin C dan E (Foto: iStockphoto)

Mengonsumsi vitamin C dan E yang berasal dari sayur, buah-buahan, atau suplemen, dapat membantu memulihkan warna kulit dari dalam.

Khususnya vitamin C sebagai antioksidan yang bekerja memperbaiki kerusakan sel dari radikal bebas yang disebabkan paparan sinar UV, merujuk CNN.

Antioksidan dalam vitamin C juga menghambat produksi melanin di kulit, yang membantu meratakan warna kulit dan memudarkan hiperpigmentasi dan noda hitam.

Selain itu, vitamin C merangsang produksi kolagen untuk mempercepat regenerasi sel serta mengurangi kerutan dan garis-garis halus.


5. Memakai tabir surya

Woman hand apply sunscreen on the beachCara mengatasi warna kulit tidak merata dengan selalu mengaplikasikan tabir surya atau sunscreen (Foto: Istockphoto/bymuratdeniz)

Tabir surya atau sunscreen bermanfaat untuk memberi perlindungan pada kulit dari paparan sinar matahari penyebab warna kulit tidak merata.

Agar kulit wajah dan badan tetap terlindungi, selalu gunakan lotion tabir surya, baik di dalam maupun di luar ruangan dengan menyesuaikan kadar SPF-nya. Bahkan, memakai tabir surya, dapat mengurangi risiko terkena kanker kulit.

Itulah beberapa faktor yang memengaruhi warna kulit jadi berubah serta cara mengatasi warna kulit tidak merata untuk Anda lakukan.

(avd/fef)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK