7 Alasan Seks Bisa Terasa Menyakitkan Buat Pria

CNN Indonesia | Rabu, 15/09/2021 21:49 WIB
Tak hanya wanita, seks pun bisa menimbulkan rasa sakit buat pria. Berikut deret penyebab rasa sakit yang bisa dialami pria selama hubungan seks. Foto: Istockphoto/nemke
Jakarta, CNN Indonesia --

Tak hanya wanita, seks pun bisa menimbulkan rasa sakit buat pria. Namun dibanding dengan wanita, hanya sedikit pria yang melaporkan rasa sakit usai berhubungan seks.

Sebuah analisis yang diterbitkan di Journal of Sexual Medicine menemukan sebanyak 30 persen wanita mengaku merasakan sakit akibat penetrasi vagina (vaginal intercourse), sedangkan 72 persen merasakan sakit saat penetrasi anal seks (anal sex).

Namun pada pria, 'hanya' 7 persen yang merasakan sakit saat penetrasi vagina dan 15 persen saat penetrasi anal.


"Kami mengamati banyak pria merasakan sakit selama berhubungan seks. Dengar, apapun yang mendistraksi selama sesi keintiman seksual sangat mengganggu," ujar Irwin Goldstein, direktur kesehatan seksual di Alvaro Hospital, San Diego, seperti dikutip Health.

Berikut deret penyebab rasa sakit yang bisa dialami pria selama hubungan seks.

1. Infeksi

Infeksi termasuk infeksi penyakit menular seksual (PMS) membuat seks terasa menyakitkan buat pria. Sebagaimana dilansir Insider, infeksi ini contohnya herpes yang membuat kulit penis jadi meradang dan sensitif.

Sementara itu infeksi juga bisa terjadi akibat jamur meski tidak begitu umum. Infeksi jamur mengakibatkan gatal hingga bengkak pada penis dan anus.

Menurut Abraham Morgentaler, anggota American Sexual Health Association, ini bisa terjadi saat permukaan kulit penis dalam kondisi lembap dan bercampur sisa urin. Jamur menyukai kondisi demikian.

2. Penyakit peyronie

Penyakit ini disebabkan jaringan parut atau plak yang berkembang di bawah kulit penis. Saat ereksi, aliran darah fokus mengisi penis, menjadikannya lurus dan keras.

Namun keberadaan plak membuat jaringan sulit meregang. Aliran darah pun terus mengisi penis sehingga penis seolah bengkok.

Dalam kondisi demikian, penetrasi akan terasa menyakitkan buat pria maupun wanita. Menurut David Samadi, direktur urologi di Lenox Hill Hospital, kondisi ini umumnya dialami pria usia 50 tahun ke atas.

Penyebab kemunculan plak pun belum diketahui pasti, tapi ada yang menyebut kemungkinan plak terbentuk akibat cedera.



3. Prostatitis

Jika rasa sakit timbul saat ejakulasi, pria patut curiga dengan prostatitis atau radang prostat. Prostat merupakan bagian organ reproduksi pria yang membantu produksi air mani.

Tidak hanya saat ejakulasi, rasa sakit dan sensasi terbakar bisa timbul saat buang air kecil.

Simak penyebab rasa sakit lainnya yang bisa dialami pria selama hubungan seks di halaman berikut.

Alasan Seks Bisa Terasa Menyakitkan Buat Pria

BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
1 2
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK