Katedral Notre-Dame Berencana Dibuka pada 2024

fea, CNN Indonesia | Minggu, 19/09/2021 05:30 WIB
Katedral Notre Dame yang sempat mengalami kebakaran pada April lalu kini telah aman untuk mendapatkan proyek restorasi. Katedral Notre Dame. (Ludovic MARIN / AFP)
Jakarta, CNN Indonesia --

Katedral Notre-Dame di Prancis akhirnya siap direstorasi setelah dua tahun insiden kebakaran yang menghancurkan sebagian besar bangunan berusia 850 tahun ini.

AFP menjelaskan lembaga publik yang bertanggungjawab atas restorasi dan konservasi mengatakan hal itu pada Sabtu (18/9) setelah berbulan-bulan mengamankan gedung.

Kebakaran di katedral terjadi pada 15 April 2019. Insiden ini menyebabkan puncak menara runtuh dan sebagian besar atap hancur karena kejadian itu.


Sebelum direstorasi katedral mesti dipastikan aman, ini termasuk pekerjaan membersihkan 40 ribu kepingan bangunan yang rusak karena kobaran api.

"Katedral saat ini berdiri kokoh di atas pilar-pilarnya, semua bertahan bersama," kata Louis Georgelin, kepala entitas publik yang bertugas merestorasi.

Georgelin menyebut ingin membuka katedral pada 16 April 2024 dan menyebut akan menjadi kehormatan bagi Prancis saat melakukannya.

Otoritas Prancis akan membuka tender untuk memilih perusahaan yang mengerjakan restorasi.

Organ Katedral yang terkenal saat ini juga sedang direstorasi. Sebanyak 8 ribu pipa organ telah dibongkar kemudian dikirim ke produsen organ di seluruh Prancis untuk diperbaiki dan diharapkan bisa dirakit kembali pada Oktober 2023.

Dinding dan lantai interior katedral juga bakal menjalani proses pembersihan menyeluruh pada akhir bulan ini.

(fea)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK