Copenhagen Kota Teraman di Dunia, Jakarta ke-46

CNN Indonesia | Minggu, 19/09/2021 08:57 WIB
Dari 60 kota teraman di dunia, Jakarta di posisi ke-46 karena dianggap tak tegas dalam faktor keamanan data, hidup, kesehatan dan lingkungan. Ilustrasi. Copenhagen kota teraman di dunia pada tahun ini versi peringkat yang dirilis oleh The Economist Intelligence Unit. (istockphoto/skynesher)
Jakarta, CNN Indonesia --

Copenhagen kota teraman di dunia pada tahun ini versi peringkat yang dirilis oleh The Economist Intelligence Unit. Ini adalah tahun pertama ibu kota Denmark itu meraih prestasi tersebut.

Daftar kota teraman di dunia versi The Economist Intelligence Unit berisi 60 kota.

Setiap tahun, mereka menggali lusinan faktor yang mempengaruhi kehidupan kota saat ini dan masa depan, berdasarkan 76 indikator dalam lima kategori besar keamanan - digital, kesehatan, infrastruktur, pribadi, dan lingkungan.


Ibu kota Denmark itu dinilai mumpuni pada skala 0 hingga 100 dengan skor 82,4.

Copenhagen berhasil mengalahkan kota Toronto (82,2), Singapura (80,7), Sydney (80,1) dan Tokyo (80) dalam peringkat sepuluh besar.

Sementara itu, kota Jakarta menempati peringkat ke-46 dengan skor 56,4, di bawah Ho Chi Minh City (58,5) dan Johannesburg (56,2).

Untuk keamanan digital, Sydney mendapat skor tertinggi. Dalam hal akses internet, privasi, dan keamanan siber, kota di Australia itu secara konsisten menjadi salah satu yang terbaik.

Respon kota terhadap pandemi virus corona juga memberi nilai, sehingga tidak mengherankan bahwa Tokyo menempati peringkat teratas dalam kategori kesehatan. Harapan hidup di Jepang juga masih terbilang tinggi.

Faktor keamanan infrastruktur memperhitungkan segalanya, mulai dari keselamatan transportasi dan keramahan pejalan kaki hingga manajemen bencana, pasokan air, dan jaringan listrik. Hong Kong menempati peringkat teratas dalam kategori ini.

Copenhagen menempati peringkat teratas dalam kategori keamanan pribadi, yang tidak hanya baik dalam sistem peradilan, tetapi juga penanganan korupsi dan potensi terorisme.

Kategori terakhir, keamanan lingkungan, baru dibuat pada tahun ini dan mengukur kesiapan masa depan, dengan fokus pada kualitas udara, energi terbarukan, pengelolaan limbah, dan banyak lagi. Wellington menempati peringkat teratas dalam kategori ini.

The Economist Intelligence Unit telah melakukan pemeringkatan kota aman setiap dua tahun sejak 2015.

Berikut daftar lengkap sepuluh kota teraman di dunia versi The Economist Intelligence Unit pada tahun 2021:

Artikel ini masih berlanjut ke halaman berikutnya...



Daftar Lengkap Kota Teraman di Dunia Tahun 2021

BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
1 2
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK