4 Tempat Wisata Balon Udara di Indonesia

CNN Indonesia | Jumat, 24/09/2021 16:00 WIB
Tak hanya di luar negeri, wisata balon udara di Indonesia juga tak kalah menarik. Berikut daftarnya. Ilustrasi. Tak hanya di luar negeri, wisata balon udara di Indonesia juga tak kalah menarik. (REUTERS/HANNAH BEIER)
Jakarta, CNN Indonesia --

Wisata balon udara masih menjadi primadona bagi para pelancong. Atraksi ini menawarkan cara menikmati panorama alam yang tidak biasa.

Selain itu, wisata balon udara ini umumnya lebih dikenal di luar negeri seperti Cappadocia di Turki, Yarra Valley di Australia atau Gstaad di Swiss.

Padahal, wisata balon udara di Indonesia juga ada dan tidak kalah keren dari luar negeri. Berikut tempat-tempatnya yang bisa Anda kunjungi seperti dirangkum dari berbagai sumber.


1. Ciwidey, Bandung

Indonesia travel background - tea plantations in Ciwidey, West Java, Indonesia - tourist attractionKawasan Ciwidey, Kabupaten Bandung, menghadirkan wahana wisata balon udara di Indonesia. (iStockphoto/erginasatrian)

Destinasi wisata di Bandung seakan tidak pernah habis. Salah satunya wisata alam dengan balon udara.

Di kawasan Ciwidey, Anda dapat menaiki wahana balon udara sambil menjelajah hamparan perkebunan dari atas ketinggian.

Biayanya sekitar Rp 200 ribu per orang untuk dewasa. Anak-anak juga diperbolehkan naik balon udara dengan biaya kisaran setengah harga dewasa.
Nantinya, Anda akan dipandu oleh tenaga ahli supaya lebih aman saat mengudara.

2. Bukit Teletubbies, Blitar

[Gambas:Instagram]



Bergeser ke Jawa Timur, di Blitar terdapat wisata balon udara di Indonesia yang berlokasi di Bukit Teletubbies.

Dari atas ketinggian balon udara, Anda dapat melihat langsung panorama Gunung Kelud yang memukau serta punukan bukit yang asri dan sejuk.

Masuk ke area Bukit Teletubbies memang tidak dipungut biaya. Anda hanya perlu membayar tiket wahana saja, seperti balon udara, mobil ATV, hammock, dan lainnya.

3. Gunung Bromo, Jawa Timur

Cahaya matahari pagi menerpa Gunung Bromo, Probolinggo, Jawa Timur, Minggu (9/7). ANTARA FOTO/Puspa Perwitasari/17.Ilustrasi. Wisata balon udara di Indonesia salah satunya hadir di kawasan Taman Nasional Gunung Bromo Tengger Semeru, Jawa Timur. (ANTARA FOTO/Puspa Perwitasari)

Taman Nasional Gunung Bromo Tengger Semeru kini menghadirkan wahana balon udara di Indonesia bagi wisatawan yang berkunjung.

Balon udara di sini menawarkan ketinggian sampai 50 meter. Di atas sana, Anda dapat melihat kawah Gunung Bromo dengan sensasi yang luar biasa memacu adrenalin.

Untuk menjajal wahana balon udara, pengunjung dikenakan biaya sebesar Rp500 ribu dengan durasi terbang selama 15 menit.

4. TMII, Jakarta

Pengunjung berwisata di Taman Mini Indonesia Indah (TMII), saat libur panjang cuti bersama. Jakarta, Rabu, 28 Oktober 2020.Ilustrasi. TMII, Jakarta juga jadi salah satu destinasi wisata balon udara di Indonesia. (CNN Indonesia/Adhi Wicaksono)

Wisata balon udara di Jakarta bisa Anda temui di TMII (Taman Mini Indonesia Indah) yang menawarkan pemandangan miniatur Indonesia.

Balon udara raksasa di TMII berbahan helium anti-ledak dan mampu terbang sampai puluhan meter.

Harga tiket balon udara TMII sekitar Rp100 ribu untuk dewasa dan Rp60 ribu bagi anak-anak, dengan jadwal terbang yang tersedia mulai pukul 09.00-17.00 WIB.

Menikmati wisata balon udara di Indonesia bisa menjadi alternatif liburan yang tidak biasa. Tapi, pastikan Anda mematuhi prosedur saat terbang supaya tetap aman saat mengudara.

Di tengah pandemi Covid-19, perjalanan wisata masih dikategorikan sebagai perjalanan bukan darurat, sehingga sebaiknya tidak dilakukan demi mencegah penyebaran dan penularan Covid-19, terutama di daerah yang masih minim fasilitas kesehatannya.

Jika hendak melakukan perjalanan antarkota atau antarnegara, jangan lupa menaati protokol kesehatan pencegahan Covid-19, dengan mengenakan masker, mencuci tangan, serta menjaga jarak fisik antarpengunjung. Jangan datang saat sakit dan pulang dalam keadaan sakit.

(avd/asr)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK