Benarkah Alat Kontrasepsi Pengaruhi Kenikmatan Seks?

tim, CNN Indonesia | Minggu, 26/09/2021 18:45 WIB
Alat kontrasepsi dianggap bisa memengaruhi kenikmatan saat melakukan hubungan seksual. Benarkah alat kontrasepsi pengaruhi kenikmatan seks? Alat kontrasepsi dianggap bisa memengaruhi kenikmatan saat melakukan hubungan seksual. Benarkah alat kontrasepsi pengaruhi kenikmatan seks?(Foto: iStockphoto)
Jakarta, CNN Indonesia --

Banyak pasangan enggan menggunakan alat kontrasepsi karena dianggap bisa mempengaruhi kenikmatan saat melakukan hubungan seksual. Misalnya penggunaan kondom dianggap bisa menghalangi kenikmatan seks yang dirasakan pria lantaran penis terhalang saat penetrasi dilakukan.

Benarkah alat kontrasepsi mempengaruhi kenikmatan seksual?

Dokter Obgyn di Rumah Sakit Mayapada, Ari Waluyo menyebut kabar tersebut hanya mitos belaka.


"Lebih banyak ke mitos, karena beberapa penelitian malah menunjukkan hasil yang berbeda," kata Ari saat dihubungi CNNIndonesia.com, Jumat (24/9).

Ari menjelaskan kenikmatan seksual pada dasarnya tak bisa dipengaruhi hanya karena penggunaan alat kontrasepsi. Sebaliknya, penggunaan alat kontrasepsi juga tetap dapat membuat pasangan merasakan kenikmatan seksual.

Menurut Ari, hubungan seksual justru bisa lebih intim dan nikmat saat menggunakan alat kontrasepsi. Apalagi jika pasangan tersebut memang berencana menunda kehamilan.

"Pasangan dapat lebih menikmati dalam berhubungan tanpa rasa cemas terjadi kehamilan," katanya.

Ada Pengaruh Terhadap Libido

Penggunaan alat kontrasepsi seperti pil KB bisa mempengaruhi libido. Meski begitu, efek yang dimunculkan bervariasi, tergantung dari jenis kontrasepsi yang dipilih.

"Libido menurun karena mood swing. Hasrat seksualnya turun, kecuali menggunakan ada gabungan ethinylestradiol dan drospirenone. Nah, itu enggak bikin gangguan apa-apa, itu kombinasi cukup stabil. Memang harus dipilih, dirasa-rasa, harus dicoba dulu," kata spesialis kandungan dan CEO Klinik Health360 dr. Ni Komang Yeni Dhana Sari.

Meski begitu, berkaitan dengan seksualitas, libido hanya satu dari sekian banyak faktor yang perlu dipertimbangkan. Masih ada hal lain yang bisa membuat seks terasa lebih nikmat misalnya gairah fisik, hingga kemampuan orgasme.

(tst/ptj)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK