6 Cara agar Seks Kembali Bergairah setelah Punya Anak

tim, CNN Indonesia | Selasa, 28/09/2021 19:47 WIB
Gairah seks bisa berkurang setelah punya anak. Anda dan pasangan bisa melakukan sejumlah cara agar seks kembali bergairah setelah punya anak Gairah seks bisa berkurang setelah punya anak. Anda dan pasangan bisa melakukan sejumlah cara agar seks kembali bergairah setelah punya anak(Foto: iStockphoto/Tom Merton)
Jakarta, CNN Indonesia --

Banyak hal yang berubah setelah melahirkan dan mempunyai anak, termasuk hubungan seksual. Seks tak lagi sama seperti sebelum melahirkan dan memiliki buah hati.

Seksolog Zoya Amirin menyebut kenikmatan seks bisa berkurang setelah memiliki anak. Rasa sakit setelah melahirkan, kelelahan, hingga mengurus anak dapat mempengaruhi kenikmatan seksual.

Saat gairah seks berkurang, Anda dan pasangan mesti bekerja sama untuk membangkitkan hasrat tersebut agar seks kembali menyenangkan.


"Secara psikologis kondisinya berbeda. Tapi ingat ini bukan hanya urusan mom saja, dad juga. Ingatlah bahwa ini adalah perubahan yang memang harus diterima dan dicari solusinya bersama," kata Zoya dalam sesi bincang melalui Instagram Live, Curcol Kehidupan Seks Setelah Kehadiran si Kecil di @teman_parenting, Kamis (23/9).

Zoya mengatakan, untuk mendapatkan gairah seks seperti sebelum melahirkan, ada beberapa hal yang bisa dilakukan pasangan.

Berikut cara agar seks kembali bergairah setelah punya anak:

1. Ubah cara lama

Banyak orang lupa, seks setelah nifas atau melahirkan itu akan terasa berbeda. Perasaan dan gairah mungkin memuncak, tapi badan justru menolak.

Di sinilah peran penting suami dalam membuat istri agar bisa menikmati seks setelah melahirkan. Caranya, lupakan gaya lama atau sentuhan yang sering diberikan. Cobalah cara baru, posisi baru, dan tanyakan keinginan istri seperti apa.

"Semakin cepat sadar ketika pakai cara dulu, misal foreplay sama, pendekatan sama, belum tentu akan beri kenikmatan yang sama pada suami dan istri ini semakin bagus," kata Zoya.

2. Gunakan gel atau lubricant

Tak ada salahnya menggunakan gel atau lubricant setelah melahirkan. Setelah melahirkan kondisi vagina cenderung mengering meski telah mendapatkan rangsangan oleh pasangan.

Penggunaan gel dapat mengurangi rasa sakit yang bisa timbul di vagina saat penetrasi terjadi karena kurangnya cairan. Pakailah gel berbahan dasar air agar lebih aman dan tidak terasa lengket.

Simak cara agar seks kembali bergairah setelah punya anak di halaman berikut.

6 Cara agar Seks Kembali Bergairah setelah Punya Anak

BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
1 2
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK