4 Sinyal Tubuh Saat Kondisi Kesehatan Bermasalah

tim | CNN Indonesia
Selasa, 12 Oct 2021 05:41 WIB
Tubuh dapat memberikan sinyal terkait masalah kesehatan lewat cairan yang dikeluarkan. Berikut sinyal tubuh saat kondisi kesehatan bermasalah. Tubuh dapat memberikan sinyal terkait masalah kesehatan lewat cairan yang dikeluarkan. Berikut sinyal tubuh saat kondisi kesehatan bermasalah. (Thinkstock/Koldunov)
Jakarta, CNN Indonesia --

Cairan yang dikeluarkan tubuh bisa menjadi tanda tentang kondisi kesehatan. Pasalnya, tubuh kerap memberikan sinyal saat timbul potensi masalah.

Cairan tubuh tersebut di antaranya adalah keringat, darah, ingus, serta urine. Berikut sinyal yang disampaikan tubuh saat kondisi kesehatan bermasalah.

1. Keringat

"Berkeringat benar-benar merupakan mekanisme untuk mendinginkan tubuh Anda," kata Felicia Stoler, dokter nutrisi klinis dan ahli gizi diet, seperti dikutip LiveStrong.


Lalu, bagaimana tubuh memberi sinyal kondisi kesehatan lewat keringat?

Menurut Stoler, beberapa orang berkeringat lebih banyak daripada yang lain dan beberapa mengeluarkan lebih banyak natrium dalam keringat mereka.

Saat lebih banyak natrium dalam keringat dan menyebabkannya asin, ini menjadi tanda bahwa Anda perlu mengisi kembali elektrolit untuk menghindari dehidrasi.

Untuk mengatasi hal tersebut, Anda bisa mengonsumsi makanan seperti sayuran hijau, kacang-kacangan, pisang, serta susu.

Selain keringat asin, tiba-tiba berkeringat banyak saat Anda tak aktif beraktivitas juga menjadi menjadi pertanda lebih serius.

Menurut Cleveland Clinic, tiba-tiba berkeringat banyak dapat terjadi jika mengalami:

- Serangan jantung
- Diabetes
- Kondisi tiroid
- Kanker

2. Darah

Menurut American Society of Hematology (ASH), darah memiliki fungsi penting dalam mengangkut limbah dari ginjal dan hati dan mengirimkan oksigen ke seluruh tubuh melalui hemoglobin yang ditemukan dalam sel darah merah.

Berikut tanda-tanda tubuh memberitahu ada sesuatu yang salah lewat darah Anda.

- Anemia

Saat anemia, Anda akan merasa lemah, pusing, serta sesak napas. Jika merasakan gejala tersebut, Anda dapat segera memeriksanya.

- Darah yang tidak menggumpal

Darah yang tidak mudah menggumpal juga memperingatkan bahwa ada sesuatu yang terjadi.

Misalnya, Anda mengalami mimisan yang tidak mau berhenti atau luka di jari Anda yang membutuhkan waktu lama untuk sembuh.

Menurut Stoler, penyebabnya mungkin akibat mengonsumsi aspirin atau antikoagulan, yang mengencerkan darah Anda.

"Tidak ada aturan keras dan cepat untuk berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk menggumpal untuk mengetahui apakah itu masalah," kata Stoler.

Tetapi jika darah Anda secara konsisten lambat untuk membeku, itu bisa menjadi gejala leukemia, yang dapat didiagnosis oleh dokter Anda dengan tes darah, menurut American Cancer Society (ACS). Gejala lain dari kanker ini meliputi, penurunan berat badan, kelelahan, demam, keringat saat malam, dan kehilangan selera makan.

- Tekanan darah tinggi

Tanda lain yang harus diperhatikan adalah tekanan darah. Menurut American Heart Association (AHA), tekanan darah tidak boleh melebihi 120/80 dalam kondisi normal.

Apa pun yang lebih tinggi dari ambang batas tersebut menjadi tanda tekanan darah tinggi yang dapat berdampak buruk pada kesehatan jantung Anda dan menyebabkan serangan jantung, stroke, atau penyakit jantung.

Simak sinyal tubuh lain saat kondisi kesehatan bermasalah di halaman berikut.

Sinyal tubuh saat kondisi kesehatan bermasalah

BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
1 2
TOPIK TERKAIT
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA
TERPOPULER