Cara Merawat Tanaman Hias Kaktus agar Tidak Cepat Mati

Tim, CNN Indonesia | Kamis, 14/10/2021 12:37 WIB
Pemilik kaktus harus mengetahui dasar-dasar cara merawat tanaman hias kaktus, terlebih jika ingin memeliharanya di dalam ruangan. Pemilik kaktus harus mengetahui dasar-dasar cara merawat tanaman hias kaktus, terlebih jika ingin memeliharanya di dalam ruangan. (Foto: iStockphoto/Jumbofoto)
Jakarta, CNN Indonesia --

Kaktus dikenal sebagai tanaman hias yang minim perawatan. Meski demikian, kaktus tetap makhluk hidup yang membutuhkan perhatian khusus agar tumbuh dengan baik dan berumur panjang.

Pemilik kaktus harus mengetahui dasar-dasar cara merawat tanaman hias kaktus, terlebih jika ingin memeliharanya di dalam ruangan.

Ini karena tanaman yang ditempatkan dalam ruangan akan membutuhkan perawatan ekstra ketimbang tanaman biasa yang tumbuh di kebun atau luar rumah.


Perawatan yang tidak tepat biasanya akan menghambat pertumbuhan kaktus, akar cepat membusuk, atau bahkan mati kekeringan. Berikut cara merawat tanaman hias kaktus.

Potted three column Cereus Repandus Peruvianus Peruvian Apple Cactus house plant in front of dark backgroundCara merawat tanaman hias kaktus agar tidak cepat mati dan membusuk. (Ilustrasi Foto: iStockphoto/Firn)

1. Air

Penyebab utama tanaman kaktus hias mati adalah terlalu banyak atau sering menyiram. Namun, bukan berarti kaktus tak butuh air sama sekali.

Penyiraman adalah aspek penting perawatan kaktus. Terlalu banyak air akan menghambat pertumbuhan, tetapi kurang air juga bisa menyebabkan layu.

Waktu ideal menyiram kaktus yang diletakkan di dalam ruangan sekitar 7-10 hari sekali ketika permukaan tanah sudah tampak kering, merujuk Cactus Way. Hindari menyiram kembali sampai tanahnya benar mengering.


2. Sinar matahari

Sinar matahari adalah kebutuhan utama bagi kaktus sebab habitat alami tanaman ini yang berada di tempat panas dan kering.

Namun, cahaya matahari yang berlebihan juga tak baik karena dapat menyebabkan kaktus hijau menjadi menguning atau kering di bagian ujungnya.

Letakkan tanaman hias kaktus di tempat yang terang dengan ventilasi yang baik. Jika musim panas, cukup letakkan kaktus dekat jendela sehingga tetap terkena cahaya.

Ketika sedang musim penghujan, ada baiknya meletakkan tanaman hias kaktus di depan rumah sesekali. Selain agar mendapat sinar matahari, air hujan yang kaya kandungan nitrogen bermanfaat untuk pertumbuhan kaktus.


3. Suhu dan kelembapan

Cara merawat tanaman hias kaktus selanjutnya adalah memperhatikan suhu dan kelembapan udaranya.

Mengutip SFGate, mayoritas varietas tanaman kaktus membutuhkan cuaca hangat untuk bertahan hidup. Suhu ideal bagi kaktus adalah antara 18 sampai dan 32 derajat Celcius.

Semakin rendah suhu udaranya dapat membunuh kaktus. Kaktus juga lebih menyukai tempat dengan sirkulasi udara yang memadai.


4. Tanah

Tanaman kaktus pada umumnya akan tumbuh dengan baik di jenis tanah berpasir dengan campuran kerikil. Jenis tanah tersebut memiliki kemampuan drainase yang baik dan tidak mudah menggumpal.

Selain itu, Anda bisa menggunakan tanah yang semigambut ketimbang tanah biasa. Tanah biasa cenderung menahan terlalu banyak air yang dapat mempercepat pembusukan akar.

Sementara tanah semigambut lebih disukai dan memiliki banyak kandungan organik sebagai pemasok nutrisi pada tanaman.

Di samping tanah, pemilihan pot juga harus dipertimbangkan. Pilih pot yang terdapat lubang drainase agar air tidak banyak mengendap yang bisa membuat kaktus cepat layu.


5. Pupuk

Meski kaktus membutuhkan air yang lebih sedikit dibanding tanaman hias lainnya, kaktus tetap perlu makan. Pemberian pupuk dapat meningkatkan kesuburan pada tanaman hias kaktus.

Cara merawat tanaman hias kaktus terakhir ini dengan menaburkan pupuk NPK.

Pupuk dengan tiga unsur hara makro yaitu nitrogen, fosfor, dan kalium ini sudah cukup untuk menyuburkan kaktus dan merangsang pertumbuhannya. Taburkan pupuk pada tanah dengan dosis secukupnya setiap 1-2 bulan sekali.

Banner GIF Tips Merawat Tanaman Hias

(fef)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK