4 Tips Pilih Popok Bayi yang Aman dari Dokter Anak

tim | CNN Indonesia
Rabu, 13 Oct 2021 13:20 WIB
Hati-hati, tak semua popok cocok digunakan bayi, salah memilih popok malah jadi bencana permasalahan kulit yang bisa dialami si kecil. Hati-hati, tak semua popok cocok digunakan bayi, salah memilih popok malah jadi bencana permasalahan kulit yang bisa dialami si kecil. (Jeshoots)
Jakarta, CNN Indonesia --

Ada bayi pasti ada popok. Keduanya memang tak bisa dipisahkan.

Namun hati-hati, tak semua popok cocok digunakan bayi, salah memilih popok malah jadi bencana permasalahan kulit yang bisa dialami si kecil.

Seperti layaknya ibu-ibu muda lain, aktris Irish Bella juga mengaku pernah mengalami kebingungan memilih popok yang tepat untuk si kecil. Apalagi dia memang bukan tipe orang yang gemar coba-coba hanya untuk mendapatkan yang paling cocok dan pas.


"Popok itu kan hal yang sensitif banget dan kita harus pilih yang terbaik dan paling penting buat aku dalam memilih popok adalah yang higienis," kata Irish Bella dalam acara Virtual Press Launch Merries Skin Protection, Selasa (12/10).

Dokter Spesialis Anak, Andreas mengatakan memilih popok yang pas dan benar-benar cocok untuk anak memang sangat penting.

Ada tiga hal yang perlu diperhatikan saat memilih popok untuk buah hati.

1. Cek klaim penelitian

Setiap produsen popok tentu akan mencantumkan berbagai hal yang mereka anggap baik untuk bayi demi keperluan marketing. Tugas para ibu adalah melakukan cek dan ricek terkait penelitian yang diklaim oleh para produsen popok ini.

"Lihat benar enggak, ada penelitiannya. Kalau dia bilang pakai metode ini, metode itu, periksa. Lihat apa benar seperti itu," kata Andreas dalam acara yang sama.

2. Nyaman untuk bayi
Popok digunakan dalam waktu yang cukup panjang, bahkan bisa 24 jam. Oleh karenanya, sangat penting memilih popok yang nyaman untuk bayi.

"Sirkulasinya harus baik, bahannya tidak bikin iritasi, tentunya bahan ini harus lembut sekali," katanya.

3. Daya serap tinggi
Pastikan popok memiliki daya serap yang tinggi, agar semua cairan urine bisa terserap. Jangan sampai popok mudah basah dan lembap.

"Karena kalau lembap itu kan jadi mudah untuk kuman bersarang," kata dia.

4. Bersih dan higienis

Memiliki daya serap tinggi dan nyaman digunakan akan sia-sia jika popok tidak higienis. Dari semua hal, yang utama dalam pemilihan popok adalah kebersihan.
"Buat apa kalau enggak sehat dan bersih. Yang paling penting memang harus sehat jadi kita bisa tenang popok ini dipakai anak kesayangan kita semua selama 24 jam," jelasnya.

(tst/chs)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA
TERPOPULER