7 Makanan Pereda Pengar

tim | CNN Indonesia
Senin, 25 Oct 2021 12:45 WIB
Jika memang harus minum alkohol dan mabuk, ada sederet makanan untuk meredakan efek alkohol. Jika memang harus minum alkohol dan mabuk, ada sederet makanan untuk meredakan efek alkohol. (sangmins/Pixabay)
Jakarta, CNN Indonesia --

Whisky, liquor, bir atau minuman beralkohol lain memang bisa membuat tubuh rileks. Meski buat rileks, tapi itu hanya sementara, efek samping yang terasa pascamabuk bisa membuat kepala pusing bahkan muntah di pagi hari.

Meski demikian, berhati-hatilah ketika minum alkohol. Minumlah dengan bijaksana agar tak mabuk dan membahayakan orang lain. Melansir dari Healthline, mabuk alkohol akan memicu kelelahan, mual, sakit kepala, makin sensitif terhadap cahaya, dehidrasi dan kepala pening. Gejala-gejala ini bisa berlangsung selama beberapa jam. Lebih baik tak minum alkohol sama sekali. 

Jika memang harus minum alkohol dan mabuk, ada sederet makanan untuk meredakan efek alkohol.


1. Sup hangat

Setelah semalaman 'dihajar' alkohol, saatnya mencari sesuatu untuk dimakan. Sup hangat akan meredakan rasa tidak nyaman akibat alkohol. Sebaiknya pilih sup dengan isian protein misal sup ayam, soto ayam atau bakso panas. Anda akan mendapatkan asupan protein dan elektrolit dari kaldu untuk menggantikan cairan tubuh.

"Seperti halnya sup ayam bisa membantu Anda saat sakit, itu akan memenuhi kebutuhan Anda saat mabuk," ujar konsultan kebugaran dan nutrisi, Dana Angelo White, mengutip dari Delish.

2. Pisang

Satu buah pisang bisa cukup mengenyangkan sekaligus meredakan mabuk. Saat mabuk, alkohol akan menghambat produksi hormon yang membantu tubuh menahan air. Akibatnya tubuh kehilangan elektrolit seperti potasium dan sodium.

Dengan konsumsi pisang, tubuh akan mendapatkan pasokan potasium. satu buah pisang berukuran sedang mengandung 12 persen dari kebutuhan potasium harian. Selain pisang, potasium bisa diperoleh dari tomat, alpukat dan kentang (plus kulitnya).

3. Madu

Riset menemukan bahwa madu mampu meredakan mabuk karena tinggi kandungan fruktosa. Studi pada 50 orang dewasa menemukan madu bisa membantu tubuh bersih-bersih alkohol lebih cepat. Namun riset lebih lanjut perlu dilakukan.

Anda bisa mengonsumsi madu secara langsung atau dijadikan topping roti maupun pancake. Dari sini Anda malah akan memperoleh asupan karbohidrat sekaligus.

Makanan lain untuk mengatasi mabuk

BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
1 2
TOPIK TERKAIT
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA
TERPOPULER