7 Rekomendasi Bahan Masker Wajah Organik untuk Jerawat

Tim | CNN Indonesia
Sabtu, 23 Oct 2021 16:01 WIB
Ada beberapa bahan alami yang dapat digunakan dalam membuat masker organik untuk jerawat, seperti berikut. Ilustrasi. Ada beberapa bahan alami yang dapat digunakan dalam membuat masker organik untuk jerawat (istockphoto/staticnak1983)
Jakarta, CNN Indonesia --

Masker wajah organik memiliki fungsi yang hampir sama dengan masker komersial yang bisa Anda dapatkan di toko kecantikan. Hanya saja, bahan pembuatan masker berasal dari bahan-bahan alami dan lazimnya bisa dibuat sendiri di rumah.

Beberapa fungsi masker organik di antaranya membantu meningkatkan sirkulasi darah, baik untuk kesehatan kulit, dan mencerahkan warna kulit.

Selain itu, masker organik juga merupakan jenis detoks yang jauh berbeda dari pembersih biasa yang mampu mencegah jerawat. Kandungan antibakteri dari bahan alami dapat membantu menghilangkan jerawat pada wajah.


Berikut beberapa bahan alami yang dapat digunakan membuat masker organik untuk jerawat:

1. Oatmeal mampu menyerap minyak ekstra dan mengurangi jerawat

ilustrasi oatmealIlustrasi. Masker organik untuk jerawat yang terbuat dari oatmeal dapat membantu menyerap minyak ekstra dari wajah. (Istockphoto/ 4nadia)

Masker wajah berbahan oatmeal, menurut laman berbagi informasi perawatan kecantikan Do It Yourself (DIY) Bellatory, berfungsi menyerap minyak ekstra dari wajah Anda dan mengurangi jerawat wajah.

Gunakan oatmeal alami dan kombinasikan dengan madu serta jus lemon. Oleskan pada wajah Anda dan biarkan selama 10 menit. Bilas dengan air hangat.

2. Kombinasi madu

Woman having honey facial massage at spa salonIlustrasi. Masker organik untuk jerawat berbahan madu dapat digunakan untuk merawat kulit berminyak. (iStockphoto/bokan76)

Masker wajah berbahan alami madu dapat digunakan untuk merawat kulit berminyak dan berjerawat. Madu memiliki sifat anti-bakteri yang bisa membantu menyembuhkan jerawat dan mencegah jerawat datang lagi.

Madu biasanya dikombinasikan dengan bahan lain seperti pisang, stroberi atau lemon untuk mendapatkan hasil terbaik.

Jenis masker wajah organik ini juga dapat membantu menghilangkan bekas luka pada wajah dan noda kulit lainnya.

3. Campuran kunyit

ilustrasi kunyitIlustrasi. Campuran bahan dari kunyit direkomendasikan sebagai masker organik untuk jerawat. (iStockphoto/ollo)

Kombinasi setengah sendok teh kunyit dengan satu sendok makan madu adalah campuran yang direkomendasikan sebagai bahan masker organik untuk jerawat. Diamkan campuran ini selama 10 hingga 15 menit.

"Kunyit adalah anti-inflamasi alami dan dapat membantu mengurangi peradangan pada kulit," terang Asisten Profesor Dermatologi Klinis di Yale New Haven Hospital, Deanne Mraz Robinson dikutip dari laman Healthline.

Mencampurkan kunyit dengan madu yang kaya antioksidan, antibakteri dan antimikroba alami tersebut dapat membantu menenangkan kulit yang meradang dan mencegah kemunculan jerawat.

4. Teatree oil, bahan alami melawan jerawat

tea tree oilTea tree oil dapat menjadi bahan pembuatan masker organik untuk jerawat. (iStockphoto/ronstik)

Dikutip dari Healthline, Deanne Mraz Robinson, yang merupakan Asisten Profesor Dermatologi Klinis di Yale New Haven Hospital menerangkan, tea tree oil adalah antiinflamasi juga antibakteri yang telah diuji coba dan berkhasiat.

Penelitian pun menemukan bahwa tea tree oil menjadi bahan alami yang efektif mencegah jerawat. Namun, akan menjadi kuat jika dalam dosis yang tinggi dan diterapkan langsung ke kulit.

Karena sifatnya yang berpotensi mengganggu hormon, Anda direkomendasikan mencampurkan 1 hingga 2 tetes tea tree oil dengan madu untuk menghindari kemungkinan iritasi.

Pilihan lain, Anda bisa mencampurkan dengan beberapa tetes tea tree oil dengan 12 tetes minyak lain seperti zaitun atau minyak jojoba.

"Hati-hati karena konsentrasi yang terlalu tinggi dapat mengiritasi kulit," kata Robinson mengingatkan.

Pijat seperti saat menggunakan pelembap (hindari bagian mata) pada kulit yang dibersihkan. Biarkan selama 5 hingga 8 menit.

Gunakan handuk hangat untuk memijat dan melanjutkan tahapan lain perawatan kulit (tapi Anda bisa melewatkan pengaplikasian toner).

Simak masker organik untuk jerawat lainnya di halaman berikutnya...

Rekomendasi Bahan Masker Wajah Organik untuk Jerawat

BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
1 2
TOPIK TERKAIT
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA
TERPOPULER