Dokter: Kanker Payudara Banyak Dialami Remaja dan Dewasa Muda

tim | CNN Indonesia
Minggu, 17 Oct 2021 11:15 WIB
Dokter Spesialis Kanker, Ronald A. Hukom menyebut, kanker payudara merupakan jenis kanker yang paling umum ditemukan pada kalangan remaja dan dewasa muda. Dokter Spesialis Kanker, Ronald A. Hukom menyebut, kanker payudara merupakan jenis kanker yang paling umum ditemukan pada kalangan remaja dan dewasa muda. (iStockphoto)
Jakarta, CNN Indonesia --

Kanker payudara masih menjadi momok yang mengerikan bagi hampir semua orang. Kanker jenis ini juga menjadi penyakit nomor satu yang bisa menyerang wanita, meski demikian kanker ini tak hanya dialami wanita, pria juga bisa mengalaminya.

Kanker payudara juga tak memandang usia, bahkan banyak remaja wanita yang divonis mengidap kanker payudara. Hal ini juga pernah dialami oleh salah satu penyanyi Indonesia, Andien Aisyah yang pernah mengidap kanker payudara di usia sangat muda, yakni 16 tahun.

Dokter Spesialis Kanker, Ronald A. Hukom tak membantah. Dia mengatakan, kanker payudara merupakan jenis kanker yang paling umum ditemukan pada kalangan remaja dan dewasa muda.


"Biasanya ada di rentang usia 15 sampai 39 saat didiagnosis pertama kali, memang banyak ditemukan di rentang usia segitu yah," kata Ronald dalam webinar Bulan Kanker Payudara, beberapa waktu lalu.

Ronald juga menyebut, kanker payudara yang dialami remaja biasanya lebih agresif. Tak hanya itu, banyak remaja yang mengalami kanker payudara justru baru terdiagnosis saat sudah berada di stadium lanjut.

Kata Ronald, remaja atau dewasa muda yang didiagnosis menderita kanker payudara sebaiknya melakukan uji klinis terapi sistemik, terutama mereka yang telah memasuki stadium lanjut dengan progresivitas kekambuhan tinggi. MRI juga perlu dilakukan untuk memastikan kanker payudara yang terjadi pada mereka.

"MRI payudara diperlukan karena mereka cenderung memiliki jaringan payudara padat jika dibandingkan dengan wanita yang lebih tua," kata dia.

Pengobatan pada remaja yang mengalami kanker payudara juga harus melalui pembicaraan dari berbagai sudut pandang. Diskusi multidisiplin sangat diperlukan sebelum mengambil keputusan berkaitan dengan pengobatan karena ada risiko yang mungkin muncul.

Lebih peduli pada payudara

National Cancer Institute melalui Breast Care Center menyebut, kurang dari 2 persen wanita terdiagnosa mengalami kanker payudara sebelum memasuki usia 34 tahun. Meskipun kemungkinan terdiagnosis kanker payudara remaja cukup rendah, masa remaja ini adalah waktu yang tepat untuk memulai kebiasaan sehat seperti olahraga teratur, dan menerapkan diet sehat.

Saat Anda merasakan sesuatu yang berbeda dengan payudara, menemui dokter sesegera mungkin adalah hal pertama yang harus dilakukan. Selain itu perhatikan juga hal lain yang berpengaruh pada kesehatan Anda, misalnya riwayat kesehatan keluarga, apakah ada cairan di puting susu, jika menemukan benjolan, apakah benjolan tersebut terasa sakit.

(tst/chs)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA
TERPOPULER