4 Ciri-Ciri Kanker Payudara yang Mudah Dikenali

tim | CNN Indonesia
Minggu, 17 Oct 2021 08:28 WIB
Terdapat sejumlah ciri-ciri kanker payudara yang mudah dikenali. Anda dapat memeriksa payudara sendiri untuk mendeteksi kanker. Terdapat sejumlah ciri-ciri kanker payudara yang mudah dikenali. Anda dapat memeriksa payudara sendiri untuk mendeteksi kanker.(Foto: iStockphoto)
Jakarta, CNN Indonesia --

Banyak kasus kanker payudara terlambat didiagnosis karena tak mengenali tanda dan gejala yang muncul. Padahal, terdapat sejumlah ciri-ciri kanker payudara yang mudah dikenali.

Deteksi dini kanker payudara penting dilakukan untuk meningkatkan peluang kesembuhan.

Berikut ciri-ciri kanker payudara yang mudah dikenali:


1. Benjolan di payudara atau ketiak

Untuk mengetahui keberadaan benjolan di payudara, pemeriksaan bisa dilakukan dengan meraba payudara dengan cara memutar. Raba payudara secara menyeluruh hingga ke dekat ketiak.

Perlu diingat, benjolan di payudara tak hanya disebabkan kanker, kondisi medis lainnya juga bisa menyebabkan benjolan di payudara. Dua penyebab paling umum dari benjolan payudara adalah kondisi payudara fibrokistik dan kista.

Dikutip dari CDC, kondisi fibrokistik menyebabkan perubahan non-kanker pada payudara yang dapat membuat payudara menjadi kental dan nyeri. Kista adalah kantung berisi cairan kecil yang dapat berkembang di payudara.

2. Penebalan atau payudara bengkak

Untuk mengetahui apakah payudara mengalami penebalan, bisa dilakukan dengan berdiri menyamping di depan cermin. Angkat sebelah tangan dan lihat apakah payudara terlihat bengkak melalui cermin.

3. Iritasi atau lesung pipit pada kulit payudara

Terdapat luka di area payudara dapat menjadi tanda kanker payudara. Selain itu, di area puting atau payudara kulit juga akan terlihat agak kemerahan dan terkelupas.

4. Sakit di area puting dan keluar cairan

Puting akan terasa sedikit sakit dan mulai keluar cairan dari puting seperti air susu.

Ciri-ciri ini juga dapat diketahui dengan melakukan SADARI atau periksa payudara sendiri. Dokter ahli onkologi Ronald A Hukom menyebut pemeriksaan dini sangat diperlukan agar tak ada orang yang didiagnosis kanker setelah kondisi memasuki stadium lanjut.

"Kita kenal yang namanya SADARI atau periksa payudara sendiri. Ini harus rutin dilakukan untuk mengetahui permasalahan di payudara kita," kata Ronald dalam acara Bulan Kanker Payudara yang digelar secara daring, Kamis (14/10).

Ciri-ciri ini dapat menjadi salah satu cara mengetahui keberadaan kanker payudara. Jika tanda-tanda ini muncul, sebaiknya segera lakukan pemeriksaan ke dokter untuk mendapatkan diagnosis yang tepat.

Dikutip dari Cancer Center, cara mengetahui kalau terkena kanker payudara juga dapat dilakukan dengan mammogram atau sinar-X dosis rendah pada payudara. Metode ini dapat membantu mendeteksi tumor di payudara.

(tst/ptj)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA
TERPOPULER