5 Jenis Olahraga yang Cocok untuk Ibu PascaLahiran Caesar

tim | CNN Indonesia
Sabtu, 16 Oct 2021 07:30 WIB
Setelah melahirkan, ibu juga harus tetap olahraga. Tapi bagaimana ibu yang melahirkan dengan cara operasi caesar, bisakah tetap berolahraga? Setelah melahirkan, ibu juga harus tetap olahraga. Tapi bagaimana ibu yang melahirkan dengan cara operasi caesar, bisakah tetap berolahraga?(iStockphoto/torwai)
Jakarta, CNN Indonesia --

Setelah melahirkan, ibu juga harus tetap olahraga. Hal ini diperlukan agar tubuh tetap sehat dan bugar. Selain itu olahraga juga berguna untuk menjaga berat badan agar tetap seimbang, apalagi tak jarang setelah melahirkan tubuh wanita mengalami berbagai perubahan.

Bagaimana ibu yang melahirkan dengan cara operasi caesar, apakah bisakah tetap berolahraga?

Dokter Spesialis Kebidanan dan Kandungan di Rumah Sakit Pondok Indah Bintaro Jaya, Zeissa Rectifa Wismayanti mengatakan, olahraga bisa dilakukan oleh para ibu yang harus melahirkan dengan cara caesar atau bedah. Meski demikian olahraga harus menunggu jahitan operasi benar-benar pulih dan dilakukan secara bertahap.


"Tunggu sampai jahitan pulih, luka bedah pulih. Ini memang agak lama tergantung pada kondisi tubuh," kata Zeissa dalam webinar Metode Pemulihan Cepat Pada Persalinan, Jumat (15/10).

Berbagai olahraga bisa dilakukan. Namun kata dia para ibu harus pintar memilih terutama tak berolahraga yang harus mengangkat beban berat.

"Bisa diawali dengan sesuatu yang ringan dan menyenangkan. Terutama olahraga yang dilakukan di rumah," katanya.

Berikut lima jenis olahraga yang dianjurkan untuk para ibu setelah melahirkan caesar,

1. Pernapasan perut
Pernapasan perut bukan hanya olahraga, tetapi juga menjadi ajang relaksasi diri. Meski tak tampak berat, melansir dari Healthline, olahraga ini bisa membantu melatih kembali otot inti untuk bekerja sama selama aktivitas sehari-hari.

Pernapasan perut mudah dilakukan, Anda cukup berbaring telentang di tempat tidur atau sofa yang nyaman. Letakkan tangan Anda di perut dan rilekskan tubuh. Ambil napas dalam-dalam melalui hidung, rasakan perut mengembang ke tangan Anda.

Buang napas melalui mulut. Saat Anda mengeluarkan napas, tarik pusar Anda ke arah tulang belakang Anda, kontraksikan otot perut Anda. Tahan selama 3 detik. Ulangi 5 sampai 10 kali, 3 kali sehari.

Olahraga yang cocok untuk ibu usai melahirkan caesar

BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
1 2
TOPIK TERKAIT
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA
TERPOPULER