Sandiaga Resmikan Revitalisasi Toilet di Kabupaten Malang

Kemenparekraf | CNN Indonesia
Minggu, 17 Oct 2021 14:48 WIB
Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno menghadiri peresmian revitalisasi toilet di Lembah Indah, Kabupaten Malang, Jawa Timur, pada Minggu (17/10). Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno menghadiri peresmian revitalisasi toilet di Lembah Indah, Kabupaten Malang, Jawa Timur, pada Minggu (17/10). (Foto: Kemenparekraf)
Jakarta, CNN Indonesia --

"Dengan inisiatif sendiri serta kemitraan dunia usaha hari ini kita resmikan yaitu toilet wisata Lembah Indah Kabupaten Malang. Di dua titik ini, toilet ini berbeda dengan toilet lainnya karena ramah disabilitas. Dan ini memberikan keberpihakan kepada masyarakat yang membutuhkan bantuan," katanya.

Sandiaga mengatakan, keberadaan Satgas Keeping Jatim Bisa akan berperan dalam pemulihan pariwisata secara umum. Terlebih pada saat pandemi, destinasi wisata amat membutuhkan kunjungan wisatawan.

"Tadi saya sudah coba langsung menggunakan toilet yang standar dan melihat langsung yang disabilitas. Yang disabilitas ini dirancang memang jauh lebih luas agar mobilitas para penyandang disabilitas ini dapat terakomodasi terutama saat mereka harus menggunakan fasilitas mandi," ungkap Sandiaga.


Pada kesempatan itu, Sandiaga juga menyampaikan terima kasih kepada seluruh pihak yang menghadirkan kolaborasi tersebut, serta mengapresiasi penggunaan pendekatan humanis dalam pembangunan toilet wisata. Hal itu disebut sejalan dengan UU Nomor 8 Tahun 2016 yang memuat tentang akses infrastruktur yang berkeadilan untuk pelaku pariwisata dan ekonomi kreatif dan khususnya dari kaum disabilitas.

Menurut Sandiaga, toilet wisata serupa juga diterapkan di beberapa provinsi yang menjadi destinasi wisata unggul, seperti Bali, Danau Toba, Mandalika, Likupang, Labuhan Bajo, dan Borobudur.

"Ini yang saya nyatakan bahwa ini pemandangan kelas dunia dan toiletnya kelas internasional. Jadi tidak usah jauh-jauh, berpartisipasi cukup di Lembah Indah Malang," ujarnya.

Lebih lanjut, Sandiaga menyatakan yang membuat perbedaan terkait pembangunan toilet wisata adalah partisipasi masyarakat, di mana pemerintah baik pusat maupun daerah tak mengeluarkan dana sepeser pun.

"Dan ini saya apresiasi. Karena kebersihan adalah sebagian dari iman, dan toilet yang bersih ini adalah yang terpenting. Boleh kita mendapatkan pemandangan dan kenangan yang sangat indah, tapi begitu saat kita mau menggunakan toilet, lalu toilet tidak bersih maka kenangan itu akan sirna. Jadi ini yang dilakukan Pak Firman betul-betul memberikan semangat dan motivasi untuk kita. Terima kasih untuk teman-teman Satgas Toilet Indonesia," jelas Sandiaga.

Sandiaga optimis, dengan semakin meningkatnya capaian vaksinasi Covid-19, ditambah penerapan protokol kesehatan secara ketat dan disiplin, dibarengi pelonggaran PPKM Level, maka sektor pariwisata akan bangkit.

"Kita tetap harus waspada dan sangat fokus dengan penerapan protokol kesehatan Covid-19 yang ketat dan disiplin. Saya titip ke Pak Kapolres, Pak Bupati, dan Pak Dandim, vaksinasi Covid-19 terus kita dorong, kita genjot, kita gas pol, kita gerak cepat, dan kita gerak bersama," ujar Sandiaga.

(rea/rea)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA
TERPOPULER