7 Trik Cepat Tidur Lelap Tanpa Perlu Hitung Domba

tim | CNN Indonesia
Senin, 25 Oct 2021 19:45 WIB
Sebuah dilema yang terjadi saat ini adalah, saat semua bisa serba cepat, namun orang justru tak bisa tidur dengan cepat. Sebuah dilema yang terjadi saat ini adalah, saat semua bisa serba cepat, namun orang justru tak bisa tidur dengan cepat. (iStockphoto/fizkes)
Jakarta, CNN Indonesia --

Di era ini orang dituntut untuk beradaptasi dengan situasi yang serba cepat. Berkat teknologi, semua bisa teratasi.

Namun anehnya, untuk urusan tidur tidak bisa secepat mengirim pesan atau memesan makanan lewat ojek daring. Padahal tidur yang cukup dan berkualitas penting untuk mendukung kesehatan tubuh.

Sebagian orang sampai rela melakukan apapun agar bisa tidur cepat dan lelap termasuk konsumsi obat tidur. Sebelum buru-buru minum obat tidur demi bisa tidur nyenyak dengan cepat, ada beberapa trik cepat lelap buat Anda, tentunya tanpa harus menghitung domba.


1. Mandi air hangat

Penurunan suhu tubuh secara drastis akan membantu tidur lebih cepat. Mungkin Anda berpikir mandi air dingin adalah cara terbaik. Namun, justru sebaiknya Anda mandi atau berendam di air hangat. Mengapa?

Melansir dari Seventeen, saat mandi air hangat, suhu tubuh memang naik tetapi setelahnya terjadi pendinginan dalam waktu sekejap. Dari sini, tubuh pun jadi lebih rileks dan mulai mengantuk.

2. Ciptakan kamar yang sejuk

Trik berikutnya, pastikan suhu ruangan cukup sejuk tapi jangan terlalu sejuk atau dingin. Dilansir dari Lifehack, riset bertahun-tahun mengungkapkan suhu tubuh adalah kunci untuk tidur cepat.

Anda mungkin sudah mandi air hangat untuk menurunkan suhu tubuh. Kemudian suhu ruangan yang tepat akan menjaga Anda tidur nyenyak dan tidak terbangun tengah malam.

3. Trik es batu

Masih menyoal suhu, pakar tidur Alison Jones menyebut menempatkan es batu di titik-titik tubuh yang tegang akan membantu Anda tidur.
Jones menyarankan untuk menyiapkan es batu atau flanel dingin. Tempatkan pada titik-titik tubuh yang menegang. Penurunan suhu di titik-titik ini akan mendorong penurunan suhu tubuh secara keseluruhan.

"Tempatkan flanel dingin atau es batu pada kantong plastik pada bagian pergelangan tangan dan leher dan Anda akan terkejut berkat efektivitasnya. Cuma jangan biarkan es meleleh di kasur Anda," jelas Jones mengutip dari The Sun.

4. Pakai kaos kaki

Mungkin awalnya tidak terbiasa, tetapi memakai kaos kaki bisa membantu Anda tidur.Dengan kaos kaki, kaki jadi hangat sehingga melebarkan pembuluh darah. Akibatnya, aliran darah meningkat ke area kaki dan membantu Anda tidur. Sebaliknya, saat kaki terasa dingin, aliran darah bisa menurun.

Di samping kaos kaki, Anda bisa menempatkan botol berisi air panas di ujung kasur. Ini akan membantu menghangatkan kaki.

Trik Tidur Pulas

BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
1 2
TOPIK TERKAIT
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA
TERPOPULER