5 Penyebab Sperma Encer: Ejakulasi sampai Celana Ketat

tim | CNN Indonesia
Kamis, 28 Oct 2021 22:51 WIB
Sperma pria umumnya bentuknya mirip gel dan berwarna putih. Tapi jangan salah, sperma pria juga bisa encer. Ada beberapa penyebab sperma encer. Sperma pria umumnya bentuknya mirip gel dan berwarna putih. Tapi jangan salah, sperma pria juga bisa encer. Ada beberapa penyebab sperma encer. (Istock/iLexx)
Jakarta, CNN Indonesia --

Sperma pria umumnya bentuknya mirip gel dan berwarna putih. Tapi jangan salah, sperma pria juga bisa encer. Ada beberapa penyebab sperma encer.

Sperma yang encer bisa menimbulkan kepanikan saja bisa menimbulkan kepanikan karena takut memengaruhi performa seks hingga kesuburan.

Apa penyebab sperma encer? Dokter estetik sekaligus seksolog, Haekal Anshari mengatakan ada beberapa faktor yang bisa menyebabkan sperma encer.


"Sperma kan memiliki konsistensi kenyal mirip gel, penyebab sperma encer biasanya berkaitan dengan gaya hidup," kata Haekal saat dihubungi CNNIndonesia.com, Senin (18/10).

Meski begitu, menurut Haekal, encernya sperma belum tentu bisa mempersulit kehamilan saat terjadi ejakulasi antara pria dan wanita. Sebab kata dia, kondisi ini tetap bisa membuahi sel telur. Meski demikian, sperma yang encer memang menurunkan risiko kehamilan. 

"Mengurangi terjadinya kehamilan mungkin bisa," katanya.

Berikut beberapa penyebab sperma encer:

1. Terlalu sering ejakulasi

Dilansir dari Healthline, terlalu sering ejakulasi menyebabkan produksi air mani encer. Jika Anda melakukan masturbasi beberapa kali sehari, kualitas air mani setelah ejakulasi pertama kemungkinan akan menjadi encer. Tubuh Anda mungkin memerlukan setidaknya beberapa jam untuk menghasilkan jumlah air mani yang normal dan sehat.

Penyebab Sperma Encer

BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
1 2
TOPIK TERKAIT
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA
TERPOPULER