Cara Memperbaiki Skin Barrier yang Rusak dengan Bahan Alami

Tim | CNN Indonesia
Sabtu, 23 Oct 2021 18:08 WIB
Skin barrier yang merupakan lapisan terluar kulit juga bisa rusak. Berikut cara memperbaiki skin barrier yang rusak dengan bahan alami. Skin barrier yang merupakan lapisan terluar kulit juga bisa rusak. Berikut cara memperbaiki skin barrier yang rusak dengan bahan alami. (Ilustrasi Foto: iStockphoto/Andrii Pohranychnyi)
Jakarta, CNN Indonesia --

Skin barrier yang merupakan lapisan terluar kulit dengan fungsi sebagai pelindung dari berbagai macam racun, zat-zat polutan maupun patogen lingkungan, juga bisa rusak.

Beberapa tanda skin barrier rusak di antaranya kulit terasa perih, gatal, panas, muncul kemerah-merahan pada kulit, dan jerawat. Salah satu cara memperbaiki skin barrier yang rusak adalah dengan memanfaatkan bahan alami.

Selain akan mengembalikan fungsi skin barrier, bahan alami cenderung lebih aman karena menghindarkan kulit dari paparan kandungan kimia.


Berikut cara memperbaiki skin barrier atau penghalang kulit yang rusak dengan bahan alami:

1. Lidah Buaya

Aloe vera sliced and aloevera gel on wood table background.Cara memperbaiki skin barrier yang rusak dengan bahan alami dari gel lidah buaya (Ilustrasi Foto: iStockphoto/Oleg_Ermak) Foto: iStockphoto/Everyday better to do everything)

Salah satu manfaat lidah buaya yang paling khas adalah kemampuannya untuk menenangkan dan memperbaiki kerusakan akibat sinar matahari.

Jadi, jika sengatan sinar matahari merusak kulit Anda maka infus lidah buaya adalah salah satu cara tercepat untuk mengembalikan kulit ke keadaan terhidrasi dan elastis.

Lidah buaya termasuk agen anti-inflamasi dan penyembuh menakjubkan. Bahan alami untuk mengatasi skin barrier rusak ini juga digunakan dalam banyak produk perawatan kulit.

2. Jojoba

Woman holds ampoule with serum for hair or skin care. Beauty portrait of attractive brunette with blue eyes and perfect makeup on white background copy space. Beauty concept.Cara memperbaiki skin barrier yang rusak dengan bahan alami dari minyak jojoba (Ilustrasi Foto: iStockphoto/Oleg_Ermak)

Minyak Jojoba merupakan bahan anti-iritasi yang ampuh untuk perawatan kulit. Jojoba oil digunakan untuk memberikan efek menenangkan saat kulit terbakar sinar matahari, mengalami eksim, psoriasis dan bantuan untuk mengatasi iritasi sementara seperti bibir pecah-pecah.

Jojoba merupakan elemen perawatan yang mampu menghidrasi dan mencegah kekeringan.

Studi pada 2018 menemukan bahwa beberapa minyak nabati dapat membantu memperbaiki skin barrier atau penghalang kulit yang rusak. Jojoba salah satunya.

3. Lavender

lavender water in glass bottles and fresh lavender flowers for relax on brown background, selective focusCara memperbaiki skin barrier yang rusak dengan bahan alami dari minyak lavender (Ilustrasi Foto: iStockphoto/nadisja)

Minyak lavender maupun produk perawatan kulit berbasis lavender lain dapat berfungsi sebagai antibakteri dan antijamur.

Manfaat tersebut terutama digunakan membantu mengobati iritasi kulit dari kondisi seperti eksim dan psoriasis, serta mencegah peradangan.

Lavender juga mendorong penyembuhan dan regenerasi jaringan kulit yang terluka-seringkali efektif pula untuk mengurangi jaringan parut.

Dikutip dari laman Healthline, Anda dapat mengoleskan krim atau lotion yang mengandung satu hingga lebih minyak-minyak tersebut sebagai bahan. Tuangkan sedikit ke telapak tangan dan kemudian pijat lembut ke kulit sampai terserap.

4. Vitamin C

ilustrasi vitamin cCara memperbaiki skin barrier yang rusak dengan bahan alami dari vitamin C (Ilustrasi Foto: iStockphoto)

Vitamin C adalah elemen perawatan kulit yang komprehensif sebagai agen restoratif umum untuk kulit yang rusak. Anda dapat menghentikan atau memperlambat efek penuaan dengan ini.

Selain itu, vitamin C juga bekerja sebagai bahan pengelupasan sel kulit mati, menghidrasi, mencerahkan dan memperkuat kulit. Sementara saat dipakai pada kulit kering atau bekas jerawat, vitamin C akan melembapkan dan memperbaiki bekas luka atau peradangan.

5. Susu Kambing

Front view of a pitcher pouring milk into a drinking glass on a rustic wooden background. Low key DSLR photo taken with Canon EOS 6D Mark II and Canon EF 24-105 mm f/4LCara memperbaiki skin barrier yang rusak dengan bahan alami dari susu kambing (Ilustrasi Foto: iStockphoto/carlosgaw)

Dikutip dari laman Artofskincare, bahan berupa susu kambing mengandung pH alami kulit atau setidaknya mendekati. Susu kambing mengurangi alkalinitas dan memiliki fungsi anti-inflamasi yang menenangkan.

Memanfaatkan susu kambing bisa jadi salah satu cara memperbaiki skin barrier yang rusak dengan bahan alami. Sebab fungsinya yang mampu membantu mengangkat sel kulit mati dari permukaan, juga memungkinkan kulit menyerap vitamin, mineral dan zat penghidrasi penting.

(nma/fef)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA
TERPOPULER