FH Unair Peringkat Satu di Indonesia Versi THE

tim | CNN Indonesia
Senin, 25 Oct 2021 17:45 WIB
Fakultas Hukum Universitas Airlangga (Unair) menempati posisi nomor satu di Indonesia versi Times Higher Education (THE) World University Rankings (WUR) Fakultas Hukum Universitas Airlangga (Unair) menempati posisi nomor satu di Indonesia versi Times Higher Education (THE) World University Rankings (WUR). (Arsip fh.unair.ac.id)
Jakarta, CNN Indonesia --

Fakultas Hukum Universitas Airlangga (Unair) menempati posisi nomor satu di Indonesia versi Times Higher Education (THE) World University Rankings (WUR) untuk pemeringkatan berdasar bidang ilmu.

FH Unair juga menempati urutan #1 di Indonesia dan #201+ dunia.

Tahun ini merupakan pertama kalinya bagi FH UNAIR ikut serta dalam perangkingan THE.


"Waktu diumumkan, respons dari FH UNAIR, dari alumni, dosen, tendik, serta mahasiswa senang dan bangga atas capaian ini," ungkap Dekan FH UNAIR Iman Prihandono, S.H, dalam pernyataannya.

THE WUR sendiri dikenal menetapkan syarat yang cukup ketat dalam setiap proses seleksi. Salah satunya, sebut Iman, jumlah publikasi pertahun sedikitnya telah mencapai 100 publikasi.

Pada FH UNAIR, sambungnya, kategori publikasi internasional mendapatkan nilai yang paling menonjol. Tercatat, FH mendapat poin 6,13 untuk kategori research. Disusul kategori citation dengan poin 4,03; lalu teaching; internasional outlook; dan kategori industry income.

Dekan FH UNAIR itu menjelaskan, poin research yang dinilai oleh THE adalah gabungan dari banyak jenis publikasi yang dilakukan FH UNAIR. Di antaranya mulai dari publikasi terindeks Scopus, publikasi internasional, nasional, hingga prosiding.

"Poin tertinggi di THE adalah publikasi. Kami ada peningkatan publikasi sejak tahun 2017, puncaknya pada 2019. Kami menuainya sekarang di 2021," sebutnya.

"Dampak dari budaya akademik yang bagus itu fokusnya memang penelitian dan publikasi yang berkualitas. Tetapi, dari sini efeknya juga akan menjalar ke kualitas pengajaran hingga pengemasan yang berkualitas," tekannya.

(chs/chs)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA
TERPOPULER