Malaysia Ciptakan Kondom Unisex Pertama di Dunia

tim | CNN Indonesia
Kamis, 28 Oct 2021 13:00 WIB
Ahli ginekologi Malaysia menciptakan kondom unisex pertama di dunia, yang dapat dipakai oleh pria dan wanita. Ahli ginekologi Malaysia menciptakan kondom unisex pertama di dunia, yang dapat dipakai oleh pria dan wanita. (Wondaleaf Via REUTERS/Twin Catalyst)
Jakarta, CNN Indonesia --

Ahli ginekologi Malaysia menciptakan kondom unisex pertama di dunia, yang dapat dipakai oleh pria dan wanita.

Menurut laporan Reuters, kondom unisex Malaysia tersebut terbuat dari bahan medis yang biasa digunakan sebagai pembalut untuk cedera dan luka.

Penemu berharap bahwa kondom unisex dari Wondaleaf buatannya akan mendorong orang untuk lebih mengontrol kesehatan seksual mereka terlepas dari jenis kelamin atau orientasi seksual mereka.


"Ini pada dasarnya adalah kondom biasa dengan penutup perekat," kata John Tang Ing Chinh, seorang ginekolog di perusahaan pemasok medis Twin Catalyst.

"Ini adalah kondom dengan penutup perekat yang menempel pada vagina atau penis, serta menutupi area yang berdekatan untuk perlindungan ekstra," kata Tang.

Perekat ini dipasang pada satu sisi kondom, tambahnya, artinya bisa dibalik dan digunakan oleh kedua jenis kelamin.

Tang membuat kondom unisex Malaysia ini menggunakan poliuretan, bahan yang digunakan dalam pembalut luka transparan yang tipis dan fleksibel tapi kuat dan tahan air.

"Begitu Anda memakainya, Anda sering tidak menyadari bahwa itu ada di sana," katanya, merujuk pada pembalut yang terbuat dari bahan tersebut.

Tang mengatakan Wondaleaf telah melalui beberapa putaran penelitian dan pengujian klinis. Dia menyebut kondom unisex Malaysia ini akan tersedia secara komersial melalui situs web perusahaan Desember ini.

"Berdasarkan jumlah uji klinis yang telah kami lakukan, saya cukup optimis bahwa waktu yang diberikan akan menjadi tambahan yang berarti bagi banyak metode kontrasepsi yang digunakan dalam pencegahan kehamilan yang tidak diinginkan dan penyakit menular seksual," kata Tang.

Setiap kotak kondom unisex Malaysia bermerek Wondaleaf ini akan berisi dua kondom, dengan harga 14,99 ringgit (sekitar Rp50 ribu). Harga rata-rata untuk selusin kondom di Malaysia adalah 20-40 ringgit (Rp68-136 ribu).

(Reuters/agn)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA
TERPOPULER