7 Tips Dekorasi Kamar Aesthetic dengan Bujet Terjangkau

Tim | CNN Indonesia
Jumat, 05 Nov 2021 19:06 WIB
Menata kamar menjadi aesthetic dan menyenangkan tak selalu harus menggunakan barang mahal. Berikut 7 tips dekorasi kamar aesthetic dengan bujet terjangkau. Menata kamar menjadi aesthetic dan menyenangkan tak selalu harus menggunakan barang mahal. Berikut 7 tips dekorasi kamar aesthetic dengan bujet terjangkau. (Foto: iStockphoto/brizmaker)
Jakarta, CNN Indonesia --

Ruangan yang nyaman jadi salah satu kunci untuk mengembalikan maupun menjaga mood agar tetap baik. Dekorasi kamar yang aesthetic dan menyenangkan bisa jadi pilihannya.

Tips dekorasi kamar aesthetic tak selalu harus menggunakan barang-barang mahal maupun mewah. 

Anda bisa mendapatkan kamar aesthetic dengan bujet rendah, mengisi kamar dengan perkakas yang harganya terjangkau, sembari memperhatikan beberapa trik.


Berikut 7 tips dekorasi kamar aesthetic yang bisa Anda terapkan.

1. Ciptakan skema warna

Ilustrasi Interior DesainTips dekorasi kamar aesthetic dengan menentukan dahulu warna yang akan digunakan agar terkonsep (Ilustrasi Foto: pozytywnewnetrza/Pixabay)

Menentukan skema warna adalah langkah pertama tips dekorasi kamar yang aesthetic. Tetap berpegang pada pola dua atau tiga warna utama. Misalnya hitam, putih, dan abu-abu.

Pemilihan pola warna tersebut otomatis akan membuat kamar tidur Anda terlihat lebih tertata karena enak dipandang mata. Menjaga skema warna tetap netral akan memberi Anda kemampuan untuk menambahkan sentuhan warna halus ke seluruh ruangan.

2. Tambahkan permadani untuk mempercantik dinding

Karpet dinding atau permadani merupakan tambahan sempurna untuk ruangan mana pun. Ada berbagai macam jenisnya dan bisa disesuaikan dengan selera juga tema yang ingin Anda pilih.

Jika Anda memiliki permadani yang tergeletak di sekitar ruangan dan tidak digunakan, manfaatkan lah itu untuk dekorasi kamar. Pilih warna atau pola kain yang sesuai dengan tema kamar Anda, lalu gantung pada bagian dinding yang Anda inginkan.

Dekorasi kamar tanpa budget tinggi pun tetap bisa menunjang penampilan aesthetic ruangan.

3. Lilin beraroma menambah kesan aesthetic ruangan

Ilustrasi Lilin Aroma TerapiTips dekorasi kamar aesthetic dengan menambah hiasan seperti lilin terapi aroma (Ilustrasi Foto: nnoeki/Pixabay)

Estetika bukan hanya soal penampilan yang kasatmata, melainkan juga mencakup aroma. Pilih lilin dengan wangi terbaik atau yang sesuai selera Anda.

Letakkan lilin itu di meja samping tempat tidur, atau sudut ruangan.

4. Memasang lampu hias

Lampu hias tidak harus yang gemerlap nan mahal. Ada ratusan bahkan ribuan pilihan lampu hias dengan harga terjangkau yang bisa Anda temukan dengan mudah di toko online.

Mulai dari di bawah Rp20 ribuan sampai yang ratusan ribu rupiah. Mulai dari yang berupa lampu pohon natal, lampu kabel, lampu huruf atau letter, hingga lampu dengan bentuk tertentu.

Anda bisa memasangnya di kamar tidur sesuai jenis lampu. Misalnya, menempelkan lampu pohon natal di sepanjang plafon, atau meletakkan lampu berbentuk bulan di meja samping tempat tidur.

Selain bagian dari tips dekorasi kamar agar aesthetic, lampu hias juga bisa menjadi light sleeper.

5. Ciptakan pencahayaan yang hangat

Female hand opening hotel room, selective focusTips dekorasi kamar aesthetic dengan memasang lampu kuning atau warm white untuk menciptakan suasana lembut dan hangat. (Ilustrasi Foto: Istockphoto/DragonImages)

Selain menggunakan lampu hias, perhatikan juga pencahayaan ruangan Anda. Untuk menciptakan dekorasi kamar yang aesthetic, gunakan lampu yang bernuansa hangat.

Anda dapat mendapatkan suasana hangat itu dengan memilih lampu kuning dibanding lampu putih.

6. Tetap terorganisir

Sudah jelas bahwa sangat penting untuk memastikan barang-barang di kamar Anda tetap teratur dan tertata rapi demi mendapatkan kesan aesthetic. Yang juga perlu diingat adalah menjaga kebersihan ruangan.

Kamar tidur merupakan ruangan untuk bersantai, melepas lelah sejenak dan tidur, menjaganya tetap bersih dan teratur akan membuat istirahat Anda menyenangkan.

Sebaliknya, kamar yang berantakan bukan saja tidak aesthetic tapi juga akan memakan waktu untuk membereskan kekacauan itu.

7. Tetap minimalis jadi bagian dari tips dekorasi kamar yang aesthetic

Minimalis, minimalis, minimalis! Memastikan dekorasi kamar tetap sederhana adalah kunci mendapatkan ruangan yang aesthetic.

Membiarkan tempat tidur sesimpel mungkin dan menambahkan beberapa selimut berbulu halus serta bantal sebagai gantinya, juga jadi salah satu tips dekorasi kamar agar aesthetic.

Dan ingat, estetika juga mencakup sentuhan, jadi pastikan Anda memilih tempat tidur yang nyaman.

(nma/fef)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA
TERPOPULER