Ketahui Cara Aman Membersihkan Telinga Anak

CNN Indonesia
Jumat, 05 Nov 2021 11:06 WIB
Penumpukan kotoran di liang telinga anak perlu diatasi. Berikut cara aman membersihkan telinga anak. Ilustrasi. Ada cara aman membersihkan telinga anak. (iStockphoto/ia_64)
Jakarta, CNN Indonesia --

Kotoran telinga dalam jumlah yang sedang pada anak sebetulnya masih tergolong sehat dan hal wajar. Sehingga pembersihan telinga cukup dilakukan sesekali saja dan tidak perlu terlalu sering.

"Sepertinya ada banyak kesalahpahaman tentang kotoran telinga. Itu adalah sesuatu yang normal, dan bukan hal yang berbahaya," terang Nandini Govil, seorang ahli otolaryngologi anak di Children's Healthcare of Atlanta dikutip dari laman resmi mereka.

Hanya saja, jika anak mengalami penumpukan kotoran di liang telinga, penting bagi Anda untuk mengetahui cara aman membersihkan telinga anak.


Kotoran telinga berfungsi sebagai pelumas untuk telinga. Fungsinya adalah membantu untuk mengurangi kemungkinan iritasi dan infeksi pada telinga anak. Tapi jika jumlahnya berlebihan, ini yang harus diwaspadai para orang tua.

Cara mengetahui ada tidaknya penumpukan kotoran telinga

Sebagian besar anak-anak akan mengeluh bahwa mereka merasa ada sesuatu di telinga mereka. Jika tak begitu, orang tua dapat memeriksa secara teratur untuk mengecek ada tidaknya penumpukan kotoran telinga.

Jika anak Anda mengalami penumpukan kotoran telinga dan Anda tidak yakin mampu membersihkannya dengan aman maka disarankan untuk segera menemui dokter anak.

Cara aman membersihkan telinga anak

Smiling human child hand listening deaf ear gossipIlustrasi. Ada cara aman membersihkan telinga anak. (iStockphoto/ia_64)

Namun begitu, sebenarnya ada cara aman untuk membersihkan telinga anak yang bisa Anda lakukan di rumah. Dokter Govil merekomendasikan penggunaan obat tetes penghilang kotoran telinga yang dijual bebas.

Anda juga dapat membuat sendiri dengan campuran 50:50 minyak mineral dan cuka atau, 50:50 hidrogen peroksida dan air suling.

"Bisa juga menggunakan obat tetes mata yang bisa Anda dapatkan di apotek. Teteskan beberapa tetes ke telinga sekali sehari selama sekitar satu minggu," urai dokter Govil.

"Langkah tersebut membantu melunakkan kotoran telinga, namun tidak menghilangkan kotoran telinga," lanjut dia lagi.

Selanjutnya, minta anak Anda untuk mandi air hangat. Uap dari shower atau bak mandi akan membantu melonggarkan kotoran telinga.

Setelah itu baru kemudian bersihkan bagian luar telinga dengan lap lembut untuk menghilangkan kotoran telinga yang berlebih.

Sementara penerapan obat tetes untuk membersihkan telinga bayi, Anda bisa melakukannya dengan mulai membaringkan bayi miring dengan bagian telinga yang sakit menghadap ke atas. Buka kanal telinga dan terapkan 5 tetes ke telinga bayi-atau sesuai jumlah yang direkomendasikan dokter anak Anda.

Biarkan obat tetes merasuk telinga bayi hingga sekitar 10 menit, lalu gulingkan sehingga sisi yang tadinya ditetesi obat menghadap ke bawah. Biarkan tetesan obat keluar dari telinga ke tisu yang sudah Anda siapkan.

Selalu gunakan obat tetes sesuai rekomendasi dokter anak Anda dan ikuti instruksi mereka soal jumlah tetesan hingga intensitas pembersihan.

Tidak aman memasukkan apapun ke telinga

Closeup of the ear of a little boy.Ilustrasi cara aman membersihkan telinga anak. (Istockphoto/Techin24)

Adapun laman Healthline yang mengulas soal kesehatan telinga bayi menyarankan orang tua untuk membersihkan telinga bagian luar dan kulit di sekitarnya saat memandikan bayi. Untuk memastikan telinga bayi Anda bersih, yang perlu Anda lakukan hanya membasuhnya dengan waslap atau bola kapas dan air hangat.

Sementara penggunaan penyeka kapas atau cotton swabs maupun memasukkan benda apapun ke telinga bayi adalah tindakan yang tidak aman dan karena itu tidak disarankan.

Untuk rutinitas membersihkan telinga bayi Anda setiap hari atau secara teratur, cukup gunakan bola kapas yang telah direndam dengan air hangat. Anda juga dapat menggunakan waslap lembut dengan sedikit air hangat-bukan air panas.

Basahi waslap atau bola kapas dengan air hangat. Setelah itu, usap lembut pada bagian belakang telinga bayi dan area di sekitarnya.

Kendati telah mengetahui cara aman membersihkan telinga anak, temui dokter Anda jika mendapati ada sesuatu yang tidak normal seperti keluar darah, keluar cairan, nyeri pada telinga anak atau perubahan pada pendengaran. Segera cari bantuan medis jika anak Anda terlihat kesakitan atau tidak stabil.

(NMA)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA
TERPOPULER