Minta Maaf, Adidas Akui Wayang Kulit Asli Indonesia

tim | CNN Indonesia
Selasa, 16 Nov 2021 08:53 WIB
Adidas minta maaf dan mengakui wayang kulit aslinya berasal dari Indonesia. Adidas minta maaf dan mengakui wayang kulit aslinya berasal dari Indonesia. (Tangkapan layar web adidas.co.id)
Jakarta, CNN Indonesia --

Adidas meminta maaf dalam unggahan story terbarunya @adidassg lantaran mengungkapkan wayang kulit dari Malaysia. Adidas minta maaf dan mengakui wayang kulit aslinya berasal dari Indonesia. 

Dalam unggahannya dia menyebut bahwa wayang kulit adalah bagian dari budaya Malaysia. Namun mereka meminta maaf karena tak menuliskan bahwa wayang kulit aslinya berasal dari Indonesia.

Adidas memberikan pernyataan resminya terkait hal tersebut. Pernyataan ini dimuat dalam instastory @adidassg.


"Terima kasih sudah menghubungi kami. Sementara wayang kulit adalah bagian penting dalam warisan budaya Malaysia, kami seharusnya menyoroti (bahwa Wayang Kulit) asli dari Indonesia dalam unggahan kami.

Kami sungguh meminta maaf karena ketidaksengajaan (untintentional offence) yang sudah terjadi, dan sekarang kami mengubah unggahan kami. "

Selain meminta maaf dan mengakui bahwa wayang kulit adalah asli Indonesia, brand sepatu olahraga tersebut dan juga artist pembuat desain sepatu tersebut tidak bermaksud mengklaim karya seni dari Indonesia.

"Untuk menghindari kerancuan, baik brand atau artist tidak mengklaim karya seni dari Indonesia."

adidas singapura minta maaf usai sebut wayang kulit dari malaysiaFoto: Tangkapan layar instagram @adidassg
adidas singapura minta maaf usai sebut wayang kulit dari malaysia

Adidas juga mengakui bahwa mereka sudah memperbaiki unggahan di laman instagramnya dengan menambahkan Indonesia sebagai negara asal warisan budaya wayang kulit. 

"Originating from Indonesia, Wayang Kulit has inspired other parts of Southeast Asia," tulis @adidassg dalam unggahan terbarunya.

Sebagaimana dilansir dari laman UNESCO, pertunjukan wayang kulit memang telah diakui sebagai warisan budaya tak benda dari Pulau Jawa, Indonesia pada 2003. 

(chs/chs)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA
TERPOPULER