5 Sunah saat Berhubungan Suami Istri dalam Islam

tim | CNN Indonesia
Minggu, 28 Nov 2021 18:10 WIB
Terdapat sejumlah sunah saat berhubungan suami istri dalam Islam. Jika dilakukan, sunah ini akan bernilai pahala dan menambah keberkahan. Terdapat sejumlah sunah saat berhubungan suami istri dalam Islam. Jika dilakukan, sunah ini akan bernilai pahala dan menambah keberkahan.(Foto: Istockphoto/Sadeugra)
Jakarta, CNN Indonesia --

Islam tak hanya mengatur mengenai ibadah saja, tapi juga hubungan antar manusia, termasuk hubungan suami istri. Terdapat sejumlah sunah saat berhubungan suami istri yang dianjurkan dalam Islam.

Jika dilakukan, sunah saat berhubungan intim ini akan bernilai pahala dan menambah keberkahan. Jalani sunah ini setiap Anda dan pasangan berhubungan seks.

Berikut sunah saat berhubungan suami istri dalam Islam:


1. Membersihkan diri

Ilustrasi ShowerSalah satu sunah saat berhubungan suami istri adalah membersihkan diri. (Foto: PublicDomainPictures/Pixabay)

Kebersihan merupakan sebagian dari iman. Sebelum berhubungan badan, suami dan istri dianjurkan untuk membersihkan diri terlebih dahulu. Membersihkan diri bisa dilakukan dengan mandi, berwudhu, dan juga memakai wewangian setelahnya.

2. Berdoa

Umat Islam juga disunahkan memulai hubungan atau jimak dengan membaca bismillah. Dikutip dari situs NU, bacaan bismillah dapat dilanjutkan dengan membaca surat Al-Ikhlas, takbir, tahlil, dan doa.

Berikut doa yang dibacara saat hendak berhubungan suami istri dalam Islam:

Bismillahil 'aliyy al-azhim. Allahumma ij`alhaa dzurriyatan thayyibah, in kunta qaddarta an tukhrija dzaalika min shulbi. Allahumma jannibni asy-syaithaan wa jannib asy-syaithaan maa razaqtanaa.

3. Cumbu rayu

Sunah saat berhubungan suami istri berikutnya adalah dimulai dengan sejumlah pendahuluan atau dikenal juga dengan foreplay. Tidak dianjurkan untuk terburu-buru dalam berhubungan seks. Sunah ini terdapat dalam hadis rasul yang dirawayat Tirmidzi.

"Janganlah salah seorang diantara kalian menggauli istrinya seperti binatang. Hendaklah ia terlebih dahulu melakukan pendahuluan, yakni ciuman dan cumbu rayu." HR Tirmidzi.

4. Menyenangkan pasangan

Dalam berhubungan, lakukan dengan cara yang disukai dan juga menyenangkan pasangan. Ketentuan ini terdapat dalam firman Allah SWT di surat Al-Baqarah ayat 223.

"Istri-istrimu adalah (seperti) tanah tempat kamu bercocok tanam, maka datangilah tanah tempat bercocok-tanammu itu bagaimana saja kamu kehendaki. Dan kerjakanlah (amal yang baik) untuk dirimu, dan bertakwalah kepada Allah dan ketahuilah bahwa kamu kelak akan menemui-Nya. Dan berilah kabar gembira orang-orang yang beriman," terjemahan surat Al-Baqarah ayat 223.

5. Berdoa saat istri orgasme

Saat istri mencapai orgasme, suami disunahkan untuk berdoa di dalam hati. Berikut doa yang bisa dibaca saat istri orgasme:

Alhamdulillahil-ladzi khalaqa minal-maa` basyara faja'alahu nasaban wa shahra wa kana rabbuka qodiira.

Itulah amalan sunah saat berhubungan suami istri dalam Islam.

(ptj/ptj)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA
TERPOPULER