3 Trik Konsumsi Nasi Putih Tanpa Takut Gemuk

CNN Indonesia
Jumat, 26 Nov 2021 09:30 WIB
Rata-rata nasi putih atau beras putih dihindari karena tinggi karbohidrat. Sebelum melepasnya, berikut trik konsumsi nasi putih agar tidak gemuk. Rata-rata nasi putih atau beras putih dihindari karena tinggi karbohidrat. Sebelum melepasnya, berikut trik konsumsi nasi putih agar tidak gemuk. (iStockphoto/ Taa22)
Jakarta, CNN Indonesia --

Nasi putih dan diet penurunan berat badan bagai dua entitas yang sama sekali tidak bisa disatukan. Rata-rata nasi putih atau beras putih dihindari dan diganti dengan beras merah dan beras coklat.

Sebenarnya langkah ini tidak salah sebab menurut laporan Healthline, beras putih tinggi kandungan karbohidrat sederhana tetapi nyaris tak ada seratnya. Karbohidrat sederhana berkaitan dengan risiko obesitas dan penyakit kronis.

Akan tetapi, beras putih merupakan salah satu makanan pokok sebagian besar penduduk dunia, termasuk Indonesia. Program diet bisa sulit dilakukan jika Anda tetap mencari beras merah atau cokelat padahal aksesnya terbatas plus tidak sesuai budget.


Oleh karena itu, ada beberapa trik konsumsi nasi putih agar tidak gemuk meski sedang diet.

1. Ukur porsi

Porsi makanan adalah salah satu kunci diet. Nasi putih tidak akan menaikkan berat badan Anda jika porsinya tidak berlebihan. Jika biasanya makan satu piring penuh nasi putih, kurangi porsi jadi setengah atau kurang dari setengah porsi.

Sebagaimana dilansir NDTV, hindari mengonsumsi makanan berkarbohidrat sebelum dan sesudah konsumsi nasi putih atau makan besar.

Porsi pun bisa diakali dengan penggunaan piring atau mangkuk saji berukuran mini. Riset menunjukkan bahwa wadah makanan berukuran besar akan meningkatkan asupan terlepas apapun makanan atau minumannya.

Sebaiknya, konsumsi nasi putih di piring atau mangkuk kecil untuk menghindari makan dalam porsi besar tanpa sadar.

2. Banyak konsumsi sayur

Karena merupakan karbohidrat sederhana, konsumsi nasi putih akan cepat membuat Anda lapar. Untuk menghindari hal ini, padukan dengan sayuran yang berlimpah.

Sayuran tidak harus dalam kondisi mentah seperti pada olahan salad. Sayuran misal brokoli, kale, wortel juga sayuran lain yang dipanggang bersama minyak zaitun.

Kemudian tambahkan porsi besar protein misalnya kacang merah, dada ayam tanpa lemak atau sup tahu.

3. Perhatikan cara pengolahan

Kadang kesalahan diet tidak pada pilihan bahan makanannya tetapi cara pengolahannya. Nasi putih tidak akan menyumbang kalori begitu besar jika tidak diolah menjadi nasi goreng, nasi uduk atau nasi kuning dengan santan.

Penurunan berat badan tidak hanya soal pola makan tetapi juga aktivitas fisik. Berikan diri Anda waktu untuk berolahraga dan tidak perlu sampai berpuasa untuk jenis makanan kesukaan. Anda tetap bisa mengonsumsi kopi susu, kue, cheese cake atau dessert lain tapi dalam porsi moderat.

(els/agn)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA
TERPOPULER