Nilai Normal Asam Urat Laki-laki dan Perempuan

CNN Indonesia
Rabu, 01 Dec 2021 13:56 WIB
Kadar asam urat berlebih dalam tubuh dapat memicu sejumlah penyakit. Kenali nilai normal asam urat laki-laki dan perempuan. Ilustrasi. Nilai normal asam urat laki-laki dan perempuan saling berbeda satu sama lain. (Istockphoto/ Spukkato)
Jakarta, CNN Indonesia --

Kadar asam urat berlebih dalam tubuh dapat memicu sejumlah penyakit. Kenali nilai normal asam urat laki-laki dan perempuan.

Asam urat merupakan senyawa alami yang diproduksi oleh tubuh. Senyawa ini terbentuk dari proses penguraian zat purin yang ditemukan dalam sejumlah makanan.

Adapun beberapa makanan yang mengandung tinggi purin di antaranya daging merah, makanan laut, hati, kacang, dan minuman beralkohol.


Asam urat kemudian dibuang melalui sistem pembuangan, baik urine maupun tinja.

Nilai Normal Asam Urat

Saat tubuh memproduksi asam urat berlebih dan ginjal tak mampu membuangnya, asam urat akan menumpuk dalam darah. Kondisi ini bisa memicu sejumlah penyakit.

Mengutip Healthline, kadar asam urat normal sangat bervariasi, tergantung pada jenis kelamin. Kadar asam urat normal pada perempuan berkisar sekitar 1,5-6 mg/dL. Sedangkan kadar asam urat normal pada laki-laki sekitar 2,5-7 mg/dL.

Kadar asam urat sendiri tergolong tinggi saat berada di atas 6 mg/dL pada perempuan dan lebih dari 7 mg/dL pada laki-laki.

Penyakit yang Disebabkan Asam Urat Tinggi

Doctor examines MRI snapshot of hip joint with magnifying glass. Careful diagnosis rare and occurs widely hip joint diseases such as chronic pain, arthritis, osteoarthritis, rheumatoid, dysplasiaIlustrasi. Nilai normal asam urat laki-laki dan perempuan saling berbeda satu sama lain. (Istockphoto/ Shidlovski)

Setelah mengetahui nilai normal asam urat laki-laki dan perempuan, Anda juga perlu memahami kondisi apa saja yang bisa terjadi akibat kadar asam urat berlebih.

Umumnya, kadar asam urat yang tinggi bisa memicu sejumlah gejala rematik seperti berikut:

- nyeri pada persendian
- kaki bengkak dan kemerahan
- kaki atau sendi terasa panas
- sulit berjalan atau terasa sakit saat sendi digerakkan

Selain gejala di atas, kadar asam urat berlebih juga bisa memicu sejumlah penyakit, seperti berikut.

1. Penyakit asam urat

Penyakit ini merupakan salah satu bentuk dari arthritis atau radang sendi. Penyakit ini terjadi saat asam urat menumpuk dan membentuk kristal pada persendian. Kondisi ini umumnya memicu rasa sakit yang luar biasa.

Mengutip WebMD, umumnya rasa sakit akan terasa di bagian tubuh tertentu seperti jempol kaki, tungkai, kaki, tangan, lutut, dan pergelangan tangan. Biasanya, gejala juga disertai dengan bengkak, kemerahan, dan mobilitas yang terbatas.

2. Batu ginjal

Asam urat juga bisa memicu pembentukan batu ginjal.

Kondisi ini umumnya akan menimbulkan gejala nyeri pada bagian punggung bawah. Selain itu, penyakit ini juga ditandai dengan adanya darah pada urine, perut yang terasa tidak nyaman, dan sering buang air kecil.

Demikian nilai normal asam urat laki-laki dan perempuan yang perlu diketahui. Penting bagi Anda untuk menjaga kadar asam urat tetap normal agar terhindar dari berbagai penyakit.

(asr/asr)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA
TERPOPULER