Alasan Overwork Bisa Sebabkan Gagal Jantung

tim | CNN Indonesia
Selasa, 30 Nov 2021 18:50 WIB
Aktivitas berlebihan atau overwork disebut bisa menyebabkan gagal jantung. Mengapa? Berikut penjelasan dokter. Aktivitas berlebihan atau overwork disebut bisa menyebabkan gagal jantung. Mengapa? Berikut penjelasan dokter. (iStockphoto/cyano66)
Jakarta, CNN Indonesia --

Sesuatu yang berlebihan lebih sering berujung pada hal yang tidak baik. Begitu juga dengan melakukan pekerjaan atau aktivitas secara berlebihan atau overwork.

Pasalnya, pekerjaan berlebih atau overwork bisa menyebabkan gagal jantung. Mengapa?

Dokter spesialis jantung yang juga pengajar di Fakultas Kedokteran Universitas Airlangga (UNAIR), Andrianto mengatakan, bahwa ketika seseorang mengalami overwork maka akan terjadi peningkatan beban yang berlebihan melampaui beban normal jantung semestinya.


Secara otomatis jantung akan memenuhi kebutuhan tubuh melalui mekanisme kompensasi. Mekanisme ini pada dasarnya adalah daya kerja cadangan jantung yang digunakan untuk mengatasi beban kerja jantung berlebih.

"Pada titik tertentu mekanisme kompensasi jantung akan gagal dan jika terjadi overload maka hal ini bisa mengakibatkan gagal jantung," ujarnya dalam siaran pers yang diterima CNNIndonesia.com, Senin (29/11).

Gagal jantung bisa terjadi secara akut atau kronik. Gagal jantung akut terjadi pada seseorang yang sebelumnya tidak tahu jika memiliki kelainan jantung tertentu dan kemudian mengalami gejala gagal jantung secara tiba-tiba.

Sedangkan gagal jantung kronik terjadi pada seseorang yang memiliki kelainan jantung tertentu disertai dengan menurunnya fungsi dan terjadi sudah beberapa lama.

"Gagal jantung akut yang baru atau perburukan gagal jantung kronik dapat dipicu oleh aktivitas yang berlebihan atau overwork. Oleh karenanya diperlukan keseimbangan kemampuan dan beban tubuh utamanya organ jantung dalam aktivitas sehari-hari untuk mencegah terjadinya gagal jantung," tegasnya.

Sementara itu agar tidak mengalami gagal jantung, menjaga kesehatan organ jantung adalah salah satu caranya. Menjaga kesehatan jantung tidak memerlukan biaya yang besar hanya perubahan pola hidup yang harus dilakukan.

Perubahan pola hidup yang bisa dilakukan seperti mengendalikan faktor risiko hipertensi, penyakit jantung koroner, diabetes mellitus, hiperkolesterol, obesitas, stres, menghindari merokok, olahraga rutin serta diet rendah lemak dan rendah garam.

Namun jika seseorang telah didiagnosa oleh dokter mengidap penyakit tertentu seperti hipertensi, penyakit jantung koroner, atau diabetes melitus maka konsumsi obat sesuai dengan anjuran dokter secara tepat dan kontrol secara rutin juga menjadi salah satu cara agar tidak mengalami gagal jantung.

"Check-up kesehatan regular baik sehat atau sakit, diagnosis dan pengobatan penyakit jantung yang tepat secara dini dapat mencegah kejadian gagal jantung yang membebani di kemudian hari," tutupnya.

(agn/agn)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA
TERPOPULER